Bisnis Food Business Food Ideas

Food & Hospitality Indonesia Kembali Hadir Tahun 2025

Sebagai pameran dagang internasional terkemuka untuk industri perhotelan, makanan, dan minuman di Indonesia, Food & Hospitality Indonesia (FHI) kembali digelar pada tanggal 22 – 25 Juli 2025 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta. Pada edisi ke-19 tahun ini, FHI mengusung tema yang bertajuk “Membangun Masa Depan Industri Kuliner dan Perhotelan yang Berkelanjutan.”

Dalam rilis yang dikirimkan ke Redaksi KULINOLOGI Indonesia pada Kamis (17/7), disebutkan bahwa tema tersebut sejalan dengan komitmen FHI, yang sejak dahulu selalu menghadirkan acara pameran yang memperhatikan praktik berkelanjutan untuk lingkungan dan efisiensi sumber daya, namun tetap dapat menawarkan pengalaman baru yang menyegarkan dan terus berdampak bagi para pelaku industri di Indonesia.

Selama hampir 30 tahun FHI selalu hadir menjadi pameran dagang internasional unggul bersama dengan Hotelex Indonesia, Finefood Indonesia, dan Retail Indonesia, untuk mendorong kemajuan sektor perhotelan, makanan, dan minuman di Indonesia. Portofolio Director FHI 2025 Juanita Soerakoesoemah mengatakan, selama tiga dekade FHI selalu konsisten menjadi pameran bisnis terdepan yang terus memperluas cakupannya untuk mendukung ketiga sektor ini secara menyeluruh ke tingkat yang lebih tinggi.

“FHI telah menjadi solusi terpadu yang terus menjadi penunjuk arah keunggulan industri, dengan mendorong konektivitas antar pelaku di sektor F&B dan hospitality. FHI juga dipercaya sebagai platform dinamis yang selalu mendorong inovasi, keberlanjutan, dan kemajuan industri sektor ini di Indonesia, yang merupakan salah satu pasar dengan tingkat pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara,” kata Juanita.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dilaporkan bahwa, ekonomi Indonesia triwulan I-2025 terhadap triwulan I-2024 mengalami pertumbuhan sebesar 4,87 persen (y-on-y). Data Kemenperin pada triwulan III-2024 juga menunjukkan kinerja gemilang untuk industri makanan dan minuman dengan pertumbuhan sebesar 5,82%, didorong oleh meningkatnya permintaan domestik dan ekspor serta investasi yang berkelanjutan.

Dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang mencapai 1,31 juta kunjungan pada Mei 2025, naik 14,01 persen (y-on-y), makin menunjukan bahwa Indonesia masih menjadi target pasar yang terus berkembang dan menarik bagi investor dan pelaku bisnis internasional, meskipun di tengah ketidakpastian global. Kehadiran FHI 2025 dapat memberikan peluang untuk masuk ke pasar Indonesia yang menguntungkan, dengan kesempatan yang tak tertandingi bagi para pemangku kepentingan di industri global untuk membangun jaringan dan terlibat di dalamnya.

“Apalagi saat ini, FHI yang telah unggul dan memimpin dalam pameran dagang internasional bidang perhotelan, makanan, dan minuman di Indonesia, menyediakan pintu gerbang unik bagi pelaku bisnis global untuk mengakses pasar Indonesia yang terus berkembang,” jelas Juanita. Tahun ini, FHI 2025 hadir memfasilitasi koneksi bisnis dengan lebih dari 700 produsen, distributor, dan retailer sektor kuliner dan perhotelan terkemuka dari 35 negara diantaranya Amerika Serikat, Cina, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, dan negara lainnya.

Pagelaran FHI 2025 akan menghadirkan TradeUp Pavilion, sebuah platform terbaru yang menampilkan merek-merek baru dari bisnis lokal yang tengah berkembang untuk tampil dan terhubung dengan pasar yang lebih luas guna mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, dihadirkan pula Innovation Spotlight untuk menciptakan inspirasi, peluang bisnis, dan pengalaman langsung melalui demo, display interaktif, serta presentasi eksklusif dari beragam inovasi terbaru, peluncuran produk, dan solusi mutakhir dari merek-merek ternama di industri makanan-minuman dan hospitality.

Bersama dengan Hotelex Indonesia, FHI 2025 menampilkan solusi hospitality terbaru, peralatan profesional, dan teknologi pintar untuk mendukung operasional hotel dan restoran. Hadirnya Finefood Indonesia dan Retail Indonesia dalam FHI 2025 juga turut memberikan kesempatan pengunjung menemukan inspirasi rasa dan produk terbaik, terutama untuk bisnisnya melalui produk makanan dan minuman premium dari bahan artisan hingga kreasi gourmet dari seluruh dunia. KI-08

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *