Dalam rangka menyambut HUT Kota Jakarta, Nusa Fresh bekerjasama dengan pasar swalayan The FoodHall menggelar Festival Buah Nusantara dari tanggal 1 hingga 22 Juni. Nusa Fresh sendiri merupakan sebuah konsorsium bentukan ASEIBSSINDO (Assosiasi Eksportir Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia). Nusa Fresh dibentuk pada tanggal 16 Pebruari 2012, bertujuan untuk memberdayakan potensi dan juga untuk mempromosikan buah nusantara. Keragaman buah tropis dari Indonesia dikenal sangat eksotik dengan berbagai jenis unggulan dan varitas buah yang sangat luar biasa cita rasa dan kelezatannya.
Budiono Salimun, Manager Area The Foodhall dalam sambutannya mengatakan, “konsumen perkotaan dapat menikmati kesegaran buah tropis yang eksotis dengan kualitas unggulan melalui pameran ini”.
Festival Buah Nusantara ini resmi dibuka oleh Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di The FoodHall Plaza Senayan (16/6) dengan pemukulan gong. Dalam sambutan pembukaanya Bayu mengatakan,” buah nusantara hendaknya tidak hanya dipamerkan sesaat, tetapi retail seharusnya bisa mendukung buah nusantara dengan cara menjualnya setiap hari”.
Dalam festival ini, buah eksotik dari penjuru Nusantara ditampilkan. Bintang dari promosi ini adalah salak madu yang khusus didatangkan dari Jogjakarta. Salak madu adalah salak unggulan, rasanya manis, teksturnya renyah. Salak madu yang memilki grade A+ ini akan dipasok kurang lebih sebanyak 100 kg setiap minggunya. Selain itu ada juga buah unggulan lain, seperti Duren Medan, Jeruk dari So-e, Nanas Parit Pontianak dan Mangga Harum Manis dari Blora.
Chef Vindex Tengker juga hadir untuk memeriahkan festival buah nusantara ini. Hidangan lezat berbahan baku buah nusantara diciptakan, seperti hindangan kebab daging sapi yang menggunakan saus tomat dan nanas (Beef kebeb withSpicy Tomato and Pineapple Sauce. Hindangan yang lain ada Domba Bumbu Rujak, dan Peanut Crusted Prawn Tail with Exoric Fruit Salad and Chili Lime Dressing.
Selama 4 bulan terkahir Nusa Fresh melakukan inventaris untuk menemukan buah-buah tropis yang unik dari seluruh wilayah Indonesia. Strategi Nusa Fresh dimasa mendatang adalah mendatangkan buah-buah yang unik dan eksotik dari sentra produksinya ke “primary-market” seperti kota besar Jakarta. Ita