Hasrat belanja konsumen meningkat tajam saat ramadhan dan lebaran. Produk pangan yang mengalami kenaikan permintaan tinggi yakni produk pangan segar seperti daging unggas, daing merah, ikan, sayur dan buah-buahan. “Untuk kategori segar (fresh),selama minggu lebaran, penjualan daging dan unggas naik tajam. Seperti yang terjadi pada lebaran di tahun 2009, penjualan produk segar mencapai Rp 20 milyar, atau tiga kali lipat dibandingkan dengan bulan-bukan biasa,” kata Direktur Executive Director of Retail Measurement Services, Nielsen, Teguh Yunanto. Ia memaparkan hasil risetnya mengenai perilaku belanja masyarakat Indonesia di pasar modern di 6 kota besar, yakni jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar.
Bahkan jika dibandingkan dengan lebaran sebelumnya, ia menambahkan, penjualan produk daging dan unggas naik hingga 60 persen. Produk fresh favorit lainnya adalah buah segar, ikan dan sayur-sayuran yang juga mengalami kenaikan hamper mendekati produk daging dan ayam. K-08