Kilas Kulinologi

Susu Kental Manis di Industri Jasa Boga

 

Di Indonesia, susu kental manis (SKM) masih dijadikan susu konsumsi oleh sebagianmasyarakat dan potensi pasarnya masih ramai. Harga SKM yang cukup terjangkau dibandingkan jenis susu lainnya, menjadi alasan kenapa masyarakat masih memilih susu kental manis untuk memenuhi asupan protein bagi tubuhnya. Kandungan gula (sukrosa) yang lebih tinggi di dalam susu kental manis, membuat susu  kental manis memiliki umur simpannya panjang, yaitu sekitar 1 tahun jika kemasan belum dibuka.

Susu kental manis diperoleh dengan cara mengurangi kandungan air susu melalui proses evaporasi untuk meningkatkan total solid susu menjadi 70-72% atau dengan kepekatan tertentu kemudian ditambahkan gula (sukrosa) sebanyak 40-45% yang juga akan bertindak sebagai pengental dan pengawet.kandungan gizi dalam susu kental manis sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan susu segar, karena kandungan gulanya yang relatif tinggi.

Berdasarkan standar mutu SKM (SNI 01-2971-1998), produk SKM harus memiliki kandungan protein 7-10%, lemak 8-10%, laktosa 10-14%, sukrosa 42-48%. Jika kandungan protein lebih rendah dan kandungan gula lebih tinggi dari yang telah ditetapkan dalam standar mutu, maka produk dimasukkan dalam kelompok krimmer, yaitu krimmer kental manis.

Industri jasa boga biasanya menggunakan suus kental manis sebagai bahan tambahan saja. SKM dicampurkan pada berbagai produk minuman, atau dressing pada salad dan digunakan dalam jumlah secukupnya. Menu-menu yang menggunakan susu SKM ini antara lain, pudding, mousse, cokelat, minuman-minuman dengan penambahan susu seperti hot chocolate, es potong, es krim atau sebagai campuran untuk pembuatan roti, cake, atau topping pada martabak. KArena harganya yang ekonomis dan sifatnya yang tahan lama, SKM masih menjadi primadona di kalangan jasa boga. K-12

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *