Di tengah gempuran inovasi-inovasi baru, ternyata produk bakeri etnis juga menunjukkan tren positif. Bukan hanya di Indonesia, tetapi di berbagai negara lainnya. Sebagai contoh di Italia sebuah produsen bakeri meluncurkan Pane Arabo Bio (roti khas Arab), sedangkan di Inggris dapat ditemukan roti khas Mediterania, Focaccia. Di Asia, Taiwan dan Jepang mulai mengangkat pineapple cake khas negara masing-masing. Begitupun dengan India yang sangat bangga dengan roti canai-nya.
Lalu bagaimana Indonesia? Indonesia seyogyanya memiliki aneka produk bakeri eksotis yang cukup menjanjikan. Sayangnya pengembangannya belum optimal. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah promosi dan juga penerapan teknologi. Banyak produk bakeri Nusantara yang masih terkendala dengan pengemasan dan juga umur simpan. KI
Selengkapnya tentang Tren dan Perkembangan Produk Bakeri dapat diakses di Majalah Kulinologi Indonesia edisi Desember 2016