Cara Mengurangi Penggunaan Sodium pada Masakan



Penggunaan sodium yang terkandung pada garam secara berlebihan akan mengakibatkan timbulnya beberapa penyakit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penggunaan garam yang berlebihan pada masakan, antara lain:

  1. Penambahan garam jangan dilakukan pada saat pemasakan makanan, tetapi lebih baik saat makanan siap dihidangkan. Jika diberikan sesaat sebelum dihidangkan, maka bisa mencicipi rasa asinnya dengan lebih kuat. Kemudian, berikan sedikit garam dengan memercikannya dengan ujung jari secukupnya
  2. Lebih baik menggunakan garam laut daripada garam meja pada masakan. Meski tiap gram garam laut mengandung sodium sebanyak garam meja, kristal pada garam laut punya cita rasa asin yang lebih kuat dan unik karena diperoleh dari berbagai sumber laut. Jadi, bisa menggunakan lebih sedikit garam untuk mendapatkan rasa asin yang sama pada masakan.
  3. Menggunakan bumbu masakan lain atau rempah-rempah. Penggunaan bumbu dan rempah, seperti bawang merah dan bawang putih dapat mengurangi penggunaan garam pada masakan anda dengan rasa makanan yang tetap.
  4. Gunakan bahan makanan segar. Beberapa proses pengolahan seperti pengalengan menggunakan penambahan sodium. Hal ini mengakibatkan bahan makanan yang dikalengkan, seperti ikan kaleng atau sayuran dalam kaleng mengandung lebih banyak sodium dibanding bahan segarnya. Namun, apabila tidak memungkinkan, cari makanan kalengan dengan jumlah sodium lebih sedikit. Cuci bahan makanan hingga bersih sebelum digunakan yang sekaligus membersihkan garam yang menempel.

Selengkapnya tentang Rempah Populer di Industri Jasa Boga dapat dibaca di Kulinologi Edisi Agustus 2017

Artikel Lainnya