Cake for Special Occasion Holland Bakery



 

Menyambut bulan ramadhan, industri jasa boga -termasuk industri bakery melakukan persiapan khusus. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Holland Bakery. Namun menurut Kepala Penjualan Holland Bakery Bogor, Luthfi Ashari, persiapan khusus tersebut tidak sulit karena sudah mengikuti tren dari tahun ke tahun.

Salah satu promosi yang dilakukan oleh Holland Bakery Bogor adalah jika konsumen membeli 2 sampai 5 item akan mendapatkan teh gratis. “Kami bekerja sama dengan perusahaan minuman,” kata Luthfi.

Selain itu, Holland Bakery juga menyiapkan menu khusus untuk puasa seperti cake dan roti kurma yang hanya ada pada bulan puasa. Tidak hanya itu, untuk acara-acara khusus Holland Bakery juga membuat parsel. “Kami membuat parsel yang isinya tergantung pesanan, seperti kue kering, brownis, dan lapis. Kue keringnya antara lain kue nastar, kastengel, putri salju, cokelat hati, dan produk baru cookies yang berbentuk tabung,” tambah Luthfi. Setiap tahunnya Holland Bakery mempunyai motif yang berbeda untuk cake yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pada bulan ramadhan Holland Bakery menyediakan cake yang berbentuk ketupat atau masjid. Selain itu, adapula cake blackforest, lemon cake, tiramisu, mocca cake, dan lapis Surabaya.
Permintaan menjelang hari raya untuk hantaran lebaran meningkat sekitar 100%. Biasanya peningkatan terjadi 2 atau 3 hari sebelum lebaran. Baik itu yang dibeli langsung maupun dipesan terlebih dahulu. Namun, pihak Holland Bakery biasanya menyiapkan produk 10 % lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Karena setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Mempertahankan mutu

Pemasaran dilakukan tidak hanya di outlet Holland saja, tapi juga ke supermarket. Holland Bakery konsisten menjaga mutu produknya dengan mempertahankan resep yang ada. Bahan baku Holland Bakery dikirim dari pusat, hanya saja produksinya bisa di outlet. Produksi cake biasanya dari pusat. Outlet hanya membuat roti saja. “Kami mengikuti selera konsumen walaupun kebanyakan konsumen lebih menyukai produk lama -seperti black forest,” imbuh Luthfi. Menurutnya setiap outlet mempunyai standar yang sama, hanya cara menjalankannya yang berbeda. Selera konsumen berbeda, jadi tidak menutup kemungkinan antara satu outlet dengan outlet yang lainnya mempunyai perbedaan dari cara pengolahan. Seperti halnya konsumen Bogor dan Bekasi berbeda. Konsumen Holland Bakery Bekasi lebih menyukai roti yang sedikit gelap, namun konsumen Holland Bogor tidak. Jadi pengolahannya disesuaikan dengan konsumen, tetapi dengan resep sama.

Untuk mengantisipasi roti tidak habis, maka Holland Bakery memperhitungkan waktu pemanggangan. Pemanggangan dilakukan pada sore hari agar fresh untuk sarapan pagi.

Sedangkan untuk hantaran, pada saat lebaran Holland bakery mempunyai parcel yang berisi kue kering dan cake tergantung pesanan. Seperti, aneka kue kering, bika ambon, yang setiap harinya selalu ada pemesanan. Kue kering yang paling banyak dipesan adalah kue nastar dan kastengel yang dikemas sesuai dengan tema.

Setiap minggu Holland Bakery di audit oleh pusat untuk mengecek konsistensi mutu dan kualitas antar counter. Dari segi berat roti, ukuran roti, bentuk roti, tidak lupa hygiene dan sanitasi untuk menjaga mutu dan kualitas produk dari Holland Bakery tetap terjaga dengan baik. K-13

Artikel Lainnya