Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018



Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Guna mempertemukan para pengusaha kafe dengan industri pendukung, Reed Panorama Exhibition bekerjasama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI)/Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI), Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Indonesia Latte Art Artist (ILAA), Komunitas Koperasi Kopi Indonesia (KOKOPI), Dewan Teh Indonesia, Association of Indonesian Specialty Tea (Aistea) dan Teh Institute serta didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) menggelar pameran Cafe & Brasserie Indonesia (CBI) sebagai pameran kafe terbesar di Indonesia yang menghadirkan berbagai produk dan jasa yang dibutuhkan untuk usaha kafe.

“Kini kopi memiliki nilai tambah yang produktif dan bukan hanya sekedar komoditas namun juga menjadi sebuah seni dan gaya hidup. Kehadiran event Cafe & Brasserie Indonesia 2018 sejalan dengan misi utama AKSI untuk mengedukasi pasar kopi yang ada di Indonesia dan dunia tentang segala hal yang yang berkenaan dengan kopi spesialti. Melalui CBI 2018, kami dapat mengkomunikasikan misi tersebut secara efektif karena di ajang ini semua dapat dilakukan secara terintegrasi,” terang Kasmito Tina selaku Sekretaris Jenderal Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI). CBI 2018 didedikasikan bagi industri kafe dan brasserie di Indonesia sekaligus menjadi ajang bertemu bagi mitra-mitra utama dalam industri kafe.

Tidak hanya berhenti itu saja, Cafe & Brasserie Indonesia (CBI) 2018 juga akan digelar satu atap bersama dengan Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2018 dan Retail Solution Expo Indonesia (RSEI) 2018 pada tanggal 5 – 7 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center mulai jam 10.00 – 21.00 WIB. Pameran bisnis terbesar di tahun 2018 ini menghadirkan 450 brand terbaik industri waralaba dan produk kebutuhan usaha kafe dari 22 negara antara lain Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Philippina, China, Jepang, Saudi Arabia, dan masih banyak lagi.

Artikel Lainnya

  • Mar 21, 2019

    Tepat Menyimpan Produk Bakeri

    Teknik pendinginan merupakan metode yang sering digunakan untuk memperpanjang umur simpan produk pangan. Prinsipnya sangat sederhana, yakni menghambat pertumbuhan mikroba. Aplikasi penurunan suhu ini sangat luas digunakan dalam berbagai produk pangan, termasuk produk bakeri seperti kue,roti, patiseri, dan lainnya.   ...

  • Mar 20, 2019

    Diet Keto dari Sisi Gizi dan Kesehatan

    Diet keto memang dianggap efektif menurunkan berat badan (Campos, 2017). Dari segi gizi, diet keto menekankan pola asupan tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Diet ini mengandalkan lemak serta protein hewani sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Asupan karbohidrat yang berkurang drastis ini akan menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat dan gula, proses inilah yang disebut dengan ketosis. ...

  • Mar 19, 2019

    Upaya Menghindari Foodborne Diseases

    Sebagian besar foodborne patogen lebih menyukai lingkungan yang hangat, walaupun bisa tumbuh dalam kisaran suhu yang luas. Suhu di atas 40C dan di bawah 600C sering diacu sebagai zona berbahaya, karena bakteri patogen seperti E. Coli, Salmonella dan Listeria monocytogenes dapat berkembang biak pada suhu tersebut, sehingga menyebabkan penyakit. Menyimpan produk pangan pada suhu refrigerasi yang tepat pada suhu di bawah 40C dan memanaskan pada suhu diatas 600C, adalah usaha yang direkomendasikan agar terhidar dari foodborne disease. Oleh karena itu, penanganan pangan dari mulai bahan baku hingga distribusi harus memenuhi pedoman penanganan yang tepat, seperti: ...

  • Mar 18, 2019

    Alternatif Pola Hidup Sehat dengan Diet Ketogenik

    Diet ketogenik adalah pola konsumsi dengan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat yang akan menyediakan cukup protein untuk pertumbuhan tetapi kurang karbohidrat untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Dengan demikian, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, yang pada prosesnya akan menghasilkan senyawa keton. Komposisi ketogenik menyaratkan porsi lemak tinggi (75-80%), porsi protein sedang (15% – 20%), dan porsi karbohidrat rendah (5% – 10%). ...

  • Mar 15, 2019

    Menu sebagai Alat Penjual

    Menu dalam bisnis pangan di industri hotel, restoran, katering, dan bakeri (horekaba) merupakan sarana pemasaran yang penting. Menu dapat digunakan sebagai gambaran dari produk yang ditawarkan. Perencanaan menu dibuat dengan menyusun daftar secara spesifik , yaitu menentukan makanan tersebut dibuat untuk satu periode makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) atau untuk sehari penuh termasuk snack.   ...