Keamanan Pengemas Jajanan dan Makanan Cepat Saji



Penggunaan kemasan adalah salah satu upaya untuk mencegah terjadinya cemaran pada produk olahan pangan. Selain berfungsi sebagai pelindung, kemasan juga berperan sebagai media untuk promosi. Kemasan dapat mempengaruhi berbagai aspek pada pangan seperti nilai jual, estetika, dan keamanan pangan. Makin kompleks suatu kemasan, maka nilai tambah produk pangan juga akan dapat meningkat. Konsumen cenderung memilih kemasan yang menarik dan mampu menunjukkan mutu produk pangan.

Kemasan pada jajanan (street food) dan makanan cepat saji (fast food) adalah salah satu kemasan yang perlu diperhatikan keamanannya karena sangat erat dengan pola konsumsi pangan harian di masyarakat. “Permasalahan yang ada pada kemasan jajanan siap saji salah satunya adalah jaminan keamanan kemasan yang digunakan dan kemungkinan timbulnya sampah di sekitar tempat berjualan,” jelas Verawaty Kasjmir, Staf Dinas Kesehatan Kota Depok dalam Seminar Economic Challenge Talk: Street Food & Fast Food Packaging yang diadakan oleh Asosiasi Teknik Grafika dan Media Indonesia (ATGMI) pada  19 September 2018 di JIExpo, Jakarta.

Peningkatan keamanan pangan membutuhkan kerjasama antar pemangku kebijakan guna mewujudkan pangan yang sehat bagi masyarakat, khususnya terhadap penggunaan kemasan jajanan siap saji. Selain itu, diperlukan sosialisasi akan pentingnya keamanan kemasan pada pedagang jajanan siap saji. Konsumen berhak memperoleh produk pangan yang berkualitas dan menarik, dengan tetap memberikan jaminan pada aspek keamanan pangan. Keamanan pangan merupakan salah satu bentuk penerapan cara pengolahan pangan yang baik yang harus dipenuhi oleh setiap produsen pangan.KI-36.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...