Manfaat Rempah Bagi Kesehatan



Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan keseharian kita ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa khasiat yang dimilikinya, antara lain sebagai antioksidan, antiinflamasi, menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan lain-lain.

Tanaman rempah sudah lama dikenal mengandung komponen fitokimia yang berperan penting untuk pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit. Beberapa senyawa fitokimia yang diketahui mempunyai fungsi fisiologis adalah karotenoid, fitosterol, saponin, glikosinolat, polifenol, inhibitor protease, monoterpen, fitoestrogen, sulfida, dan asam fitat. Senyawa-senyawa tersebut banyak terkandung dalam sayuran dan kacang-kacangan, termasuk tanaman rempah. Diet yang menggunakan rempah sebagai penyedap makanan dapat menyediakan berbagai komponen aktif fitokimia yang bermanfaat menjaga kesehatan dan melindungi tubuh dari penyakit kronis.

Jika mengkonsumsi produk olahan rempah dituding berbahaya dan dapat merusak ginjal atau hati itu biasanya karena produk tersebut tidak memenuhi syarat, misalnya dicampur dengan obat sintetis.  Meski demikian, biasanya efek samping yang ditimbulkan hanya berupa reaksi tipe alergi, seperti sakit kepala, pusing, mual, atau ruam. Orang yang mengonsumsi olahan rempah mungkin tampak menjadi lebih parah sebelum menjadi lebih baik. Reaksi ini disebabkan oleh pembuangan limbah racun dari tubuh selama tahap-tahap awal terapi. Mengonsumsi produk olahan rempah mungkin tidak perlu setiap hari, yang diperlukan adalah gizi yang bersumber dari makanan, sedangkan produk tersebut dapat dikatakan sebagai bagian dari suplemen untuk melengkapi unsur atau senyawa yang masih kurang dalam konsumsi makanan harian.

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....