Rupa dan Jenis Salad



Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya. Salad berasal dari Eropa, tepatnya Perancis yang kemudian diadopsi oleh Asia. Salad dikonsumsi dalam keadaan mentah, matang ataupun kombinasi dari keduanya. Salad yang akan dikonsumsi harus dimasak secara tepat agar tidak terkontaminasi. Jika salad akan dijadikan buffet di sebuah prasmanan, maka usahakan untuk disajikan dalam keadaan dingin. Salad terbagi menjadi dua yakni salad tradisional dan internasional. Salad di Indonesia seperti gado-gado, karedok, dan asinan sebenarnya termasuk dalam makanan pembuka. Salad internasional terbagi lagi menjadi continental salad seperti salad Thailand.

Salad Thailand menggunakan saus yang terbuat dari sereh, dan daun ketumbar. Sedangkan salad Jepang banyak menggunakan campuran miso yang dikeringkan dengan sedikit mirin, lemon, dan air gula. Sebagian besar salad terbuat dari jenis buah-buahan dan sayur-sayuran. Hampir semua buah dapat dijadikan salad. Untuk sayuran, pastikan sayuran yang akan digunakan untuk salad adalah sayuran yang tidak memerlukan banyak pengolahan seperti wortel, paprika, dan kol. Karena kebanyakan dikonsumsi dalam keadaan segar, maka pemilihan sayur dan buah haruslah segar dan higienis. Untuk penyajian salad, usahakan agar tidak terlalu banyak isi, layaknya egg green salad yang terdiri tidak lebih dari 5 macam sayuran saja.

Selain isi, pemilihan warna juga menjadi pertimbangan dalam penyajian salad. Teknik pengolahan salad terdiri dari cutting dan blancing. Seperti brokoli yang ingin dijadikan salad harus diblansing terlebih dahulu, perlakuan ini selain memenuhi standar keamanan pangan juga dapat menaikkan cita rasa dari suatu bahan pangan. Salad juga dapat dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti keju, udang, ayam, dan ikan. Saus untuk salad pun sangat bervariasi seperti saus thousand island, saus tar-tar, maupun saus vinegrate.

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....