Rempah Indonesia



Meski penggunaannya yang tak terpisahkan dan seringkali terkait, terdapat definisi yang berbeda daripada bumbu (seasoning) dan kondimen (condiment). Seasoning diartikan sebagai seluruh bumbu yang digunakan pada produk pangan sebelum melalui proses pemasakan. Sedangkan, kondimen adalah seluruh bumbu yang diaplikasikan pada produk pangan setelah melalui proses pemasakan. Bumbu maupun kondimen merupakan salah satu kunci dalam proses pemasakan. Cita rasa yang dihasilkan oleh keduanya membuat masakan terasa lebih lezat dan bahkan menjadi ciri khas suatu negara tertentu. Hampir di beberapa negara memiliki bumbu dan kondimen masing-masing yang mewakili negara tersebut. Sebut saja, hummus yang berasal dari Timur Tengah, gochujang dari Korea serta Pesto dari Italia. Selain tiga tersebut, masih banyak lagi bumbu maupun kondimen yang digunakan dan ditambahkan ke dalam masakan/makanan di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia.

Indonesia, sejak dahulu terkenal akan kekayaan alamnya yang melimpah. Salah satu yang terkenal adalah rempah. Bahkan, karena rempah, Indonesia menjadi rebutan berbagai negara barat untuk mendapatkan rempah dari Indonesia. Salah satu rempah yang sangat terkenal dan menjadi alasan penjajahan di Indonesia adalah pala. Pala (Myristica fragrans Houtt) merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari kepulauan Banda. Pala dikenal sebagai tanaman rempah yang memiliki nilai ekonomis dan multiguna karena setiap bagian tanaman dapat dimanfaatkan dalam berbagai industri. Biji, fuli dan minyak pala merupakan komoditas ekspor dan digunakan dalam industri makanan dan minuman. Minyak yang berasal dari biji, fuli dan daun banyak digunakan untuk industri obat-obatan, parfum dan kosmetik.

Sebagai tanaman rempah-rempah, pala dapat menghasilkan minyak etheris dan lemak khusus yang berasal dari biji dan fuli. Biji pala menghasilkan 2 sampai 15 % minyak etheris dan 30 - 40 % lemak, sedangkan fuli menghasilkan 7 - 18 % minyak etheris dan 20 - 30 % lemak (fuli adalah arie yang berwarna merah tua dan merupakan selaput jala yang membungkus biji). Selain sebagai bumbu dan kondimen pada beberapa masakan, pala juga dimanfaatkan menjadi beberapa olahan seperti manisan pala, sari buah pala, dodol, jeli, dan permen.  Penggunaan pala dalam masakan di Indonesia juga sangat luas. Selain pala, masih banyak rempah lain yang juga peranannya sangat penting dalam cita rasa masakan Indonesia seperti lada, kayu manis, keluwak, dan juga jintan.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...