Sifat Organik Kopi



Sifat-sifat organoleptik adalah sifat-sifat yang dapat diukur dengan indera seperti rasa, aroma, warna dan sebagainya. Sifat-sifat organoleptik ini dipengaruhi oleh sifat fisik, kimiawi, faktor-faktor agronomis, dan teknologis. Beberapa batasan aroma pada kopi yaitu:

  • After taste: rasa yang tertinggal di mulut lebih lama dari biasanya setelah meminum kopi
  • Astringent: flavor yang menyebabkan wajah mengerut karena rasa pahit
  • Bitter: rasa pahit yang tidak enak seperti kina
  • Grassy: bau seperti rumput
  • Green: rasa yang kurang enak yang disebabkan oleh peyangraian yang kurang sempurna
  • Woody: rasa seperti kayu
  • Fruity: cita rasa seperti buah
  • Earthy: cita rasa seperti tanah
  • Mouldy: cita rasa seperti jamur

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...