Prinsip Menu Clean Eating



Menjalankan pola diet yang menjadi gaya hidup seperti clean eating memang tidak mudah. Selain menyisihkan waktu dan jadwal untuk menyiapkan menu clean eating, ada beberapa prinsip yang dapat memudahkan pelaku clean eating .

  1. Pilih produk yang alami dan kurangi produk olahan

    Sesuai dengan konsep clean eating, memilih produk yang alami sangat disarankan dibandingkan dengan produk olahan. Dengan produk alami, diharapkan dapat lebih mengenali bahan apa saja yang digunakan tanpa penggunaan bahan tambahan lain seperti pada produk olahan. Produk alami paling mudah diketahui sumbernya sehingga dapat melacak tingkat keamanan serta penanganan bahan tersebut. 

  2. Cukupi sumber protein, karbohidrat, dan lemak setiap hari

    Tidak seperti pola diet lain. Konsep clean eating tidak menghilangkan satu atau beberapa asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsep clean eating lebih menitikberatkan pada ranah membatasi, mengerti, dan mengetahui apa saja yang dikonsumsi oleh tubuh. Dengan demikian, asupan gizi pada tubuh akan terpenuhi dan tidak berlebihan sehingga dapat mengontrol baik berat badan maupun kesehatan pelaku pola diet.

  3. Kurangi kadar gula, garam, dan lemak

    Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, konsep clean eating lebih pada membatasi atau mengurangi dibandingkan dengan menghilangkan. Data penyakit tidak menular seperti kardiovaskuler dan obesitas meningkat dikarenakan konsumsi yang tinggi pada gula, garam, dan lemak. Untuk itu, mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak sangat disarankan.  

  4. Dahulukan air putih

    Ketika makan maupun merasa haus, usahakan untuk mengonsumsi air putih terlebih dahulu. Meskipun rasanya enak dan menyegarkan, golongan minuman seperti soft drink dan jenis es lainnya mengandung banyak kalori.

  5. Bergeraklah

    Tidak ada pola diet yang paling sehat dibandingkan dengan berolahraga atau bergerak. Dengan bergerak, selain merenggangkan otot-otot tubuh yang kaku, bergerak juga dapat megatur seberapa banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh akan merasa lebih segar dan berenergi.

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....