Prinsip Menu Clean Eating



Menjalankan pola diet yang menjadi gaya hidup seperti clean eating memang tidak mudah. Selain menyisihkan waktu dan jadwal untuk menyiapkan menu clean eating, ada beberapa prinsip yang dapat memudahkan pelaku clean eating .

  1. Pilih produk yang alami dan kurangi produk olahan

    Sesuai dengan konsep clean eating, memilih produk yang alami sangat disarankan dibandingkan dengan produk olahan. Dengan produk alami, diharapkan dapat lebih mengenali bahan apa saja yang digunakan tanpa penggunaan bahan tambahan lain seperti pada produk olahan. Produk alami paling mudah diketahui sumbernya sehingga dapat melacak tingkat keamanan serta penanganan bahan tersebut. 

  2. Cukupi sumber protein, karbohidrat, dan lemak setiap hari

    Tidak seperti pola diet lain. Konsep clean eating tidak menghilangkan satu atau beberapa asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsep clean eating lebih menitikberatkan pada ranah membatasi, mengerti, dan mengetahui apa saja yang dikonsumsi oleh tubuh. Dengan demikian, asupan gizi pada tubuh akan terpenuhi dan tidak berlebihan sehingga dapat mengontrol baik berat badan maupun kesehatan pelaku pola diet.

  3. Kurangi kadar gula, garam, dan lemak

    Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, konsep clean eating lebih pada membatasi atau mengurangi dibandingkan dengan menghilangkan. Data penyakit tidak menular seperti kardiovaskuler dan obesitas meningkat dikarenakan konsumsi yang tinggi pada gula, garam, dan lemak. Untuk itu, mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak sangat disarankan.  

  4. Dahulukan air putih

    Ketika makan maupun merasa haus, usahakan untuk mengonsumsi air putih terlebih dahulu. Meskipun rasanya enak dan menyegarkan, golongan minuman seperti soft drink dan jenis es lainnya mengandung banyak kalori.

  5. Bergeraklah

    Tidak ada pola diet yang paling sehat dibandingkan dengan berolahraga atau bergerak. Dengan bergerak, selain merenggangkan otot-otot tubuh yang kaku, bergerak juga dapat megatur seberapa banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh akan merasa lebih segar dan berenergi.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...