Meningkatkan Keamanan Pangan Industri Jasa Boga dengan Sertifikasi Tenaga Kerja



Selain rasa dan penampilan, keamanan pangan pada industri jasa boga menjadi aspek yang paling penting untuk diperhatikan. Mengingat, keamanan pangan akan menentukan kualitas dan keamanan produk yang akan dikonsumsi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan pangan dalam jasa boga adalah menjamin para pelaku di bidang jasa boga untuk memiliki keterampilan. 

"Menghadapi globalisasi seperti saat ini, keterampilan tenaga kerja sangatlah penting. Program seperti ini dapat meningkatkan daya saing tenaga kerja serta meningkatkan keamanan pangan dalam Jasa Boga," jelas Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan, Virgianty Djuanda dalam Fasilitasi Sertifikasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Hotel dan Restoran di Jakarta, 7 Maret 2018. 

Sertifikasi ini dilaksanakan dengan dua tahap yakni tahap tes tertulis dan tahap praktik di mana para peserta melakukan delapan tahapan yang terdiri dari persiapan atribut, sanitasi diri dengan cuci tangan, mengisi dan pemeriksaan dokumen produk, pengecekan freezer dan chiller, preparasi pengolahan produk, sanitasi area kerja, pencucian alat kerja, dan kebersihan lingkungan kerja. KI-35

Artikel Lainnya