Mendesain Menu Sehat Untuk Restoran



Industri restoran harus mulai mempersiapkan diri untuk mulai menyediakan healthier dishes yang dibutuhkan masyarakat.  Hal ini dapat dimulai lewat pembuatan menu kemudian dilanjutkan dengan pengolahan produk dengan cara-cara yang sehat. Jangan lupa untuk juga menambahkan informasi kalori kandungan gizi dalam setiap menunya. Berikut ini beberapa tahapan membuat makanan di restoran agar menjadi lebih sehat.

Tema/concept

Tentukan konsep resto, apakah kesegaran (fresh) yang menjadi utama, berdasarkan golongan darah, vegetarian, rendah kalori, balance diet, menggunakan bahan baku fungsional, dan sebagainya

Menu

Membagi menu berdasarkan golongan darah, besaran kalori, komposisi gizi, berdasarkan jenis bahan baku, berdasarkan kelompok makanan, berdasarkan proses pengolahan, dan sebagainya.

Resep dasar

Pilihan resep yang tersedia untuk konsep yang dipilih dari tiap-tiap menu yang telah dibuat

Modifikasi resep

Dari resep yang tersedia apakah perlu dimodifikasi agar sesuai dengan konsep yang dipilih, misalkan dikurangi kalori/porsinya, mengganti bahan baku yang lebih sehat, dan sebagainya.

Proses pengolahan

Mengganti proses memasak yang lebih sehat misalkan setelah digoreng dikurangi kadar minyaknya dengan mesin pemutar, dam sebaginya.

Penyajian

Pisahkan saus, dressing dan penyerta seperti keju parut di tempat terpisah, siapkan bumbu dan saus tambahan yang rendah kalori seperti kecap, gula ataupun garam rendah sodium, dan sebagainya.

Artikel Lainnya