Bisnis Manis Katering di Indonesia



Mengikuti tren industri jasa boga, bisnis katering merupakan salah satu bidang bisnis yang memiliki prospek besar. Terutama jenis katering yang meyalani menu makan untuk acara pernikahan. Variasi makanan yang ditawarkan berkembang pesat, menu buffet hingga gubuk-gubukan pada acara pernikahan memiliki pilihan yang semakin variatif. Sajian khas Indonesia juga tidak tertinggal disediakan sebagai menu andalan.Menu-menu baru khas Indonesia yang dulunya kurang popular kini perlahan mulai ‘naik daun’ dengan penyajian dan pelengkap menu yang semakin bergaya mengikuti tuntutan konsumen.

Katering makanan sehat termasuk di dalamnya menu untuk penderita penyakit khusus pun juga turut disediakan para pelaku bisnis katering. Walau pasar katering jenis ini semakin mengerucut namun tren ini justru semakin diminati.Berbekal panduan dokter gizi atau ahli gizi, menu-menu khusus diciptakan untuk menyasar kalangan tenrtentu yang membutuhkan. Menu katering pun tak lagi hanya berisi lauk pauk untuk makan utama tetapi menyediakan satu paket makanan yang lengkap mulai dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup yang sudah diatur dan diperhitungkan kandungan gizinya. Bahkan, terdapat menu yang disiapkan khusus untuk mengatur pola makan para pelaku diet. Dengan semakin berkembangnya bisnis katering, tentu membuka peluang besar bagi pelaku baik baru maupun lama untuk bersaing di dalam industri jasa boga.

Sumber: Kulinologi 2010

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...