Tips Membuat Buku Menu



Menu merupakan poin penting yang langsung bersentuhan dengan pelanggan berikut ini adalah hal yang perlu diperlukan saat membuat buku menu.

  1. Sesuaikan desain buku menu dengan konsep restoran. Apakah restoran keluarga, restoran sederhana, restoran mewah atau restoran cepat saji.
  2. Restoran sederhana, restoran keluarga, dan restoran cepat saji umumnya menuliskan menu secara singkata dan jelas. Sedangkan, untuk restoran mewah, terutama yang menyajikan menu asing yang tak umum bagi awam membutuhkan penjelasan lebih detil tentang bahan, cara memasak, dan penyajian.
  3. Untuk memudahkan, penulisan menu dibuat secara berurutan mulai dari hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course), penutup (dessert) dan minuman (beverages).
  4. Menu juga dapat dibagi berdasarkan bahan utama, asal negara, jenis makanan atau cara memasak. Diskusikan dan buat kesepakatan penulisan menu dengan manajer restoran dan chef terkait.
  5. Sertakan foodstylist untuk mendapatkan foto makanan yang menarik dan dapat disertakan pada buku menu.
  6. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Berikan deskripsi singkat jika menggunakan bahasa lain selain bahasa yang digunakan.
  7. Cantumkan harga dan pajak di buku menu untuk memudahkan pelanggan mengatahui tanpa banyak bertanya.

Artikel Lainnya