Penanganan Bahan Baku Mentah



Produk pangan yang bergizi dan aman dikonsumsi didapatkan dari bahan baku yang berkualitas baik. Bahan baku mentah yang berkualitas baik harus mengalami penanganan dengan baik melalui beberapa cara.

  1. Semua produk, mulai dari produk mentah, bahan tambahan, produk antara maupun produk akhir harus diterima dan disimpan pada suhu yang sesuai. Produk pangan harus dipertahankan pada suhu maksimum 80C kecuali beberapa produk pangan yang perlu disimpan pada suhu yang lebih rendah.
  2. Produk pangan berprotein tinggi seperti daging berpotensi menjadi media pertumbuhan yang baik bagi mikroorganisme. Sehingga, harus dijaga agar tidak terjadi pertumbuhan mikroorganisme dengan cara mmepertahankan pada suhu yang dingin atau rendah.
  3. Belilah susu yang telah dipasteurisasi dibandingkan dengan susu segar mentah. Seringkali produk susu, telur, dan unggas terkontaminasi patogen penyebab penyakit.
  4. Produk kalengan yang telah dibuka harus disimpan pada refrigerator sampai pada pengolahan selanjutnya.
  5. Produk pangan dalam keadaan matang (ripening, mature) harus disimpan pada suhu maksimum 80C.
  6. Buah-buahan dan sayuran aman bila dimakan mentah apabila telah melalui proses pencucian dengan air mengalir dan bebas dari debu serta pestisida.

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....