Penanganan Bahan Baku Mentah



Produk pangan yang bergizi dan aman dikonsumsi didapatkan dari bahan baku yang berkualitas baik. Bahan baku mentah yang berkualitas baik harus mengalami penanganan dengan baik melalui beberapa cara.

  1. Semua produk, mulai dari produk mentah, bahan tambahan, produk antara maupun produk akhir harus diterima dan disimpan pada suhu yang sesuai. Produk pangan harus dipertahankan pada suhu maksimum 80C kecuali beberapa produk pangan yang perlu disimpan pada suhu yang lebih rendah.
  2. Produk pangan berprotein tinggi seperti daging berpotensi menjadi media pertumbuhan yang baik bagi mikroorganisme. Sehingga, harus dijaga agar tidak terjadi pertumbuhan mikroorganisme dengan cara mmepertahankan pada suhu yang dingin atau rendah.
  3. Belilah susu yang telah dipasteurisasi dibandingkan dengan susu segar mentah. Seringkali produk susu, telur, dan unggas terkontaminasi patogen penyebab penyakit.
  4. Produk kalengan yang telah dibuka harus disimpan pada refrigerator sampai pada pengolahan selanjutnya.
  5. Produk pangan dalam keadaan matang (ripening, mature) harus disimpan pada suhu maksimum 80C.
  6. Buah-buahan dan sayuran aman bila dimakan mentah apabila telah melalui proses pencucian dengan air mengalir dan bebas dari debu serta pestisida.

Artikel Lainnya