Keracunan Pangan di Industri Jasa Boga



Oleh: Nur Aini

Produk jasa boga umumnya merupakan makanan berasam rendah dan berkadar air tinggi sehingga mudah busuk dan diserang oleh mikroorganisme.Didukung dengan keadaan alam Indonesia yang hangat dan lembab merupakan kondisi yang sangat bak bagi pertumbuhan mikroorganisme. Produk pangan yang sangat beresiko tinggi dalam kasus keracunan pangan karena rentan pertumbuhan mikrooragnisme adalah produk berbasis daging, ikan, unggas, telur, dan susu.

Ada tiga faktor yang umumnya menimbulkan kejadian luar biasa keracunan pangan.Yaitu kontaminasi, bakteri pathogen harus ada dalam pangan. Pertumbuhan, bakteri pathogen harus memiliki kesempatan untuk berkembang biak dalam pangan untuk menghasilkan toksin atau dosis infeksi yang cukup untuk menimbulkan penyakit dan daya hidup, jika berada pada situasi yang ekstrem, bakteri patogen harus dapat bertahan hidup dalam pangan selama penyimpanan dan pengolahannya.

Penyakit yang ditimbulkan oleh produk pangan yang tercemar oleh patogen umumnya ditandai dengan terganggunya fungsi-fungsi saluran pencernaan.Gejala yang paling sering muncul adalah diare. Di Indonesia, masih banyak kasus diare ringan yang tidak dilaporkan. Bahkan, terkadang diare tidak dianggap sebagai penyakit. Walaupun bersifat fatal seperti pada kasus-kasus kolera. Diare yang berlebihan akan menguras cairan tubuh dan diantaranya diikuti dengan gejala lain yang dapat berakibat lebih fatal. Selain itu, beberapa patogen mengakibatkan penyakit di organ tubuh lain di samping saluran pencernaan.

Artikel Lainnya