Kontrol Suhu dan Waktu untuk Industri Jasa Boga



Pada industri jasa boga, titik kritis keamanan pangan dapat ditemui di beberapa titik seperti karyawan, peralatan, sanitasi, dan bahkan pelanggan. Titik kritis tersebut dapat berupa materi biologi seperti mikroorganisme, bahan kimia yang mencakup bahan pembersih, serta materi fisik seperti pecahan kaca maupun potongan logam. Titik kritis mikrobiologi termasuk di dalamnya mikroba sangat beresiko tinggi pada industri jasa boga. Bakteri biasanya membutuhkan makanan, keasaman yang seimbang, temperatur, waktu, oksigen, dan kelembapan untuk tumbuh. Mengontrol satu atau seluruh yang dibutuhkan oleh mikroba dapat mencegah pertumbuhan mikroba.

Suhu dan waktu merupakan dua faktor terbesar yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Suhu sekitar 30-350C merupakan suhu yang termasuk di dalam zona bahaya. Karena, dengan suhu ini, bakteri tumbuh sangat cepat dan kondusif. Untuk itu, mengendalikan suhu sangat penting dalam industri jasa boga. Mengendalikan suhu dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan suhu rendah atau dengan suhu tinggi. Dengan suhu rendah, produk pangan dapat dimasukkan di dalam freezer. Untuk suhu tinggi, produk pangan dapat ditangani dengan melakukan pemasakan seperti penggorengan, perebusan, pembakaran, maupun pemanggangan.

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....