Gizi Seimbang, Pola Diet Indonesia



Pola diet di seluruh dunia memiliki jumlah dan jenisnya masing-masing. Di Indonesia, beberapa pola jenis diet yang banyak ditemukan adalah diet keto, diet golongan darah, diet atkins, diet mediterania dan juga diet makanan mentah. 

"Pola diet tentu harus disesuaikan dengan jenis kebutuhan yang ada. Antara satu orang dengan orang yang lain tentu berbeda kebutuhannya dengan pola diet yang ada," jelas Welness Cooach-Employee  Assistance Program, Dr. Rita Ramayulis DCN, M. Kes dalam Seminar Gizi oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus di Jakarta pada 10 Februari 2018 lalu.

Selain menyampaikan mengenai pola diet, dalam kesempatan tersebut turut hadir pula Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah MS yang memberikan informasi terkait dengan peran dietition dan ahli gizi di Indonesia. Menurutnya, seorang dietition dan ahli gizi harus memiliki kapabilitas dan tidak berlaku keras terhadap seseorang yang sedang menjalani diet tertentu.

"Jangan langsung mengubah pola diet seseorang. Tetapi, jelaskan risiko-risiko dan arahkan seseorang dengan pola diet tersebut menjadi pola yg sesuai dengan gizi seimbang sehingga kesehatan seseorang tersebut tetap terjaga," ungkapnya.

Di Indonesia, gizi seimbang merupakan pedoman umum untuk mengatasi gizi kurang dan gizi lebih yang menekankan pada komposisi menu yang beragam tetapi seimbang. KI-35

Artikel Lainnya