Pengganti Lemak Untuk Brownies



Brownies adalah salah satu produk bakeri yang memiliki tekstur kering di permukaan tetapi moist di dalam. Brownies memiliki kandungan lemak mencapai 60% total adonan bahkan lebih. Lemak yang digunakan pada brownies dapat meningkatkan kualitas sensoris produk akhir bakeri. Namun, konsumsi lemak yang tinggi menyebabkan dan meningkatkan beberapa penyakit seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, stroke, jantung, bahkan obesitas. Untuk itu, penggunaan lemak dalam produk pangan sebaiknya dikurangi termasuk juga pada produk brownies. Namun, pengurangan jumlah lemak secara langsung dapat menurunkan kualitas sensoris produk. Kualitas sensoris pada reduced fat perlu dipertahankan dengan menambahkan fat replacer atau pengganti lemak pada produk sehingga dapat mempertahankan kualitas sensorisnya. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat menggantikan lemak pada produk brownies.

  • Saus apel

    Alternative pengganti lemak paling efektif untuk produk brownies adalah saus apel. Pada dasarnya, saus apel terbuat dari puree apel yang mana serat pangan dan pektin di dalam apel memiliki fungsi sebagai mimetic atau bahan yang dapat menirukan sifat lemak. Gunakan takaran puree apel sebanding dengan penggunaan lemak pada umumnya.

  • Minyak zaitun

    Pengganti lain untuk lemak brownies adalah minyak zaitun. Gunakan minyak zaitun murni sehingga dapat memberikan rasa dan tekstur yang baik pada brownies. Tetapi, hindari menggunakan minyak zaitun yang beraroma agar tidak memengaruhi hasil akhir brownies. Gunakan takaran yang sama untuk minyak zaitun dengan penggunaan lemak pada umumnya.  

  • Puree buah

    Sama halnya dengan saus atau puree apel. Puree buah yang lain jga dapat digunakan sebagai pengganti lemak pada brownies. Beberapa jenis puree buah lain yang dapat digunakan adalah pisang atau plum.

  • Yogurt

    Pengganti lemak lainnya adalah yogurt. Yogurt yang terbuat dari susu memiliki peran yang baik untuk menggantikan lemak pada produk brownies. Sebaiknya gunakan yogurt dengan rasa plain agar tidak terlalu memengaruhi rasa dari brownies.

  • Tepung Maizena

    Tepung maizena juga dapat berfungsi sebagai pengganti lemak untuk brownies, yang perlu dilakukan adalah mencampurnya dengan air lalu panaskan sampai mendapatkan konsistensi yang diinginkan. Setelah dingin tepung maizena dapat langsung digunakan dalam resep brownies Anda.

Reference: tastesences.com

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....