Macam-macam Teknik Penggorengan



Menggoreng adalah metode memasak dalam lemak atau minyak. Teknik menggoreng bervariasi tergantung pada jumlah minyak/lemak yang digunakan, lama waktu memasak, dan tipe alat penggoreng yang digunakan. Secara umum, teknik menggoreng dibagi menjadi tiga berdasarkan jumlah minyak/lemak yang digunakan. Ketiga teknik tersebut adalah.

  • Shallow Frying

    Shallow frying adalah metode penggorengan dengan minyak sedikit pada wajan datar. Sisi makanan yang telah berwarna kecokelatan kemudian dibalik hingga kedua sisi matang dengan sempurna. Shallow frying adalah metode yang ideal untuk produk makanan yang cepat masak, berukuran kecil dan memerlukan waktu memasak yang singkat seperti membuat steak, menggoreng fillet daging, ikan, ayam, ikan utuh yang berukuran kecil atau sedang, sosis, sayuran dan omelettes telur.

  • Stir Frying

    Stir frying adalah metode penggorengan yang lazim juga disebut dengan menumis. Biasanya bahan yang akan digoreng dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Stir frying menggunakan sedikit minyak dengan alat wajan yang agak dalam. Istilah stir menunjukkan bahwa makanan harus di stir (digerakkan, atau dibolak - balik) secara terus menerus untuk mencegah makanan itu gosong pada salah satu sisinya atau agar seluruh permukaan makanan matang. Stir frying merupakan teknik memasak yang banyak digunakan pada masakan China.

  • Deep Frying

    Deep frying adalah metode penggorengan yang dilakukan hingga produk pangan tersebut tenggelam ke dalam minyak yang digunakan. Metode ini banyak diaplikasikan oleh industri untuk menghasilkan gorengan yang renyah. Suhu yang digunakan untuk metode deep frying mencapai 160-1950C. Panas yang dipindahkan dari minyak goreng ke makanan akan membantu dalam pembentukan warna dan flavor.

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....