Produk Daging, Telur dan Susu harus Bersertifikasi NKV



Untuk mewujudkan jaminan produk hasil peternakan seperti daging, susu dan telur yang memenuhi persyaratan higiene dan sanitasi, pemerintah telah memberikan sertifikasi berupa Nomor Kontrol Veteriner (NKV). Manfaat dari sertifikasi ini antara lain yakni untuk memberikan perlindungan kesehatan dan ketentraman batin bagi konsumen, memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha, serta mempermudah Pemerintahdan dalam melakukan penelurusan balik (treceability) terhadap temuan penyimpanan peredaran suatu produk hasil ternak.

Hal itu dikemukakan oleh Agus Jaelani dari Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner, Ditjen PKH Kementerian Pertanian RI dalam sebuah pelatihan tentang Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) yang diselenggarakan oleh Forum Logistik Peternakan Indonesia di Kampus IPB Darmaga pada 18 Januari lalu.

Sertifikasi NKV tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian No 381 tahun 2005 tentang pedoman sertifikasi kontrol veteriner unit usaha pangan asal hewan. Pada Prinsipnya, sertifikasi NKV merupakan kegiatan penilaian pemenuhan kelayakan dasar sistem jaminan keamanan pangan dalam aspek higiene dan sanitasi pada unit usaha pangan asal hewan yang diterbitkan oleh instansi yanng berwenang, di bidang kesehatan masyarakat veteriner. KI-08

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...