Resiko Diet Ketat Ketogenik bagi Kesehatan



Diet ketogenik atau diet keto adalah salah satu metode diet yang membatasi asupan karbohidrat. Di dalam manusia kebutuhan akan energi dipenuhi oleh tiga hal secara umum yakni karbohidrat, lemak, dan protein. 

Diet keto bertujuan untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Trigliserida mulai dipecah menjadi Free Fatty Acid (FFA) dan gliserol dengan bantuan hormon. Free Fatty Acid kemudian memasuki aliran darah di mana mereka dapat digunakan oleh jaringan tubuh sebagai sumber energi. Tetapi, bolehkah seseorang terus menerus menjalani diet keto? 

Dosen Departemen Gizi Masyarakat IPB, Dr. Rimbawan menyarankan agar pelaku diet keto tidak terus - menerus menjalani diet keto jika tujuan diet twlah tercapai. 

Menurutnya, batas maksimal untuk menjalani suatu metode diet adalah 6 bulan. 

"Jika selama 6 bulan tersebut tidak mengalami perubahan, maka sebaiknya seorang pelaku diet harus mengubah metode diet yang digunakan. Karena, bisa saja metode yang digunakan tidak cocok dengan metabolisme di dalam tubuhnya," jelas Dr. Rimbawan dalam kesempatan wawancara dengan Foodreview Indonesia, di sela-sela Foodreview In-depth Seminar di Bogor pada 11 Januari 2018.

Selain itu, Dr. Rimbawan juga menganjurkan agar pelaku diet tidak semata-mata menjalani satu pola diet dalam waktu yang lama. Karena, pada dasarnya setiap manusia memerlukan seluruh asupan gizi dengan porsi yang seimbang baik dari lemak, protein, maupun karbohidrat. 

"Diet adalah hal yang baik. Tapi sebaiknya tidak dilakukan dengan perilaku yang ketat terhadap diet," pungkasnya. KI - 35

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...