Julian & Sell-by Dates



Memilih dan membeli telur merupakan salah satu kegiatan yang cukup riskan. Di luar sana, penjualan telur sangat memperhatikan kualitas telur tersebut. Telur yang berada dalam  karton biasanya memiliki dua jenis pelabelan tanggal yang berbeda. Dua pelabelan tanggal tersebut adalah  Julian dan sell by dates. Tetapi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Julian & Sell-by dates tersebut? Berikut ini penjelasan singkat mengenai dua hal tersebut.

  • Julian dates

    Julian date adalah tanggal di mana telur dicuci, diperiksa kualitasnya, dan ditempatkan dalam karton. Julian date memiliki tiga digit kode yang secara berurutan dari hari hingga tahun. Sebagai contoh jika telur tersebut mulai diproses pada tanggal 1 Januari maka, penulisan untuk kode Julian dates ditulis dengan 001 dan apabila diproses pada 31 Desember maka ditulis 365. Sayangnya, sistem ini masih belum banyak diterapkan di Indonesia.

  • Sell-by dates

    Sell-by dates merupakan tanggal kedaluwarsa yang ada di setiap karton telur. Pelabelan tanggal ini tidak membutuhkan izin dari pemerintah pusat, tetapi dikeluarkan oleh negara bagian di mana telur tersebut dijual untuk memudahkan proses perizinnanya. Sebaiknya selalu membeli telur sebelum tanggal kedaluwarsa yang tertera pada setiap karton.

References: eggsafety.org

Artikel Lainnya