Julian & Sell-by Dates



Memilih dan membeli telur merupakan salah satu kegiatan yang cukup riskan. Di luar sana, penjualan telur sangat memperhatikan kualitas telur tersebut. Telur yang berada dalam  karton biasanya memiliki dua jenis pelabelan tanggal yang berbeda. Dua pelabelan tanggal tersebut adalah  Julian dan sell by dates. Tetapi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Julian & Sell-by dates tersebut? Berikut ini penjelasan singkat mengenai dua hal tersebut.

  • Julian dates

    Julian date adalah tanggal di mana telur dicuci, diperiksa kualitasnya, dan ditempatkan dalam karton. Julian date memiliki tiga digit kode yang secara berurutan dari hari hingga tahun. Sebagai contoh jika telur tersebut mulai diproses pada tanggal 1 Januari maka, penulisan untuk kode Julian dates ditulis dengan 001 dan apabila diproses pada 31 Desember maka ditulis 365. Sayangnya, sistem ini masih belum banyak diterapkan di Indonesia.

  • Sell-by dates

    Sell-by dates merupakan tanggal kedaluwarsa yang ada di setiap karton telur. Pelabelan tanggal ini tidak membutuhkan izin dari pemerintah pusat, tetapi dikeluarkan oleh negara bagian di mana telur tersebut dijual untuk memudahkan proses perizinnanya. Sebaiknya selalu membeli telur sebelum tanggal kedaluwarsa yang tertera pada setiap karton.

References: eggsafety.org

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...