Julian & Sell-by Dates



Memilih dan membeli telur merupakan salah satu kegiatan yang cukup riskan. Di luar sana, penjualan telur sangat memperhatikan kualitas telur tersebut. Telur yang berada dalam  karton biasanya memiliki dua jenis pelabelan tanggal yang berbeda. Dua pelabelan tanggal tersebut adalah  Julian dan sell by dates. Tetapi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Julian & Sell-by dates tersebut? Berikut ini penjelasan singkat mengenai dua hal tersebut.

  • Julian dates

    Julian date adalah tanggal di mana telur dicuci, diperiksa kualitasnya, dan ditempatkan dalam karton. Julian date memiliki tiga digit kode yang secara berurutan dari hari hingga tahun. Sebagai contoh jika telur tersebut mulai diproses pada tanggal 1 Januari maka, penulisan untuk kode Julian dates ditulis dengan 001 dan apabila diproses pada 31 Desember maka ditulis 365. Sayangnya, sistem ini masih belum banyak diterapkan di Indonesia.

  • Sell-by dates

    Sell-by dates merupakan tanggal kedaluwarsa yang ada di setiap karton telur. Pelabelan tanggal ini tidak membutuhkan izin dari pemerintah pusat, tetapi dikeluarkan oleh negara bagian di mana telur tersebut dijual untuk memudahkan proses perizinnanya. Sebaiknya selalu membeli telur sebelum tanggal kedaluwarsa yang tertera pada setiap karton.

References: eggsafety.org

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...