Produk Telur Modifikasi



Dalam perjalannya, kini telur banyak mengalami modifikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. banyak produsen telur yang memulai produksi telur-telur yang dimodifikasi atau telur-telur khusus. Beberapa diantaranya adalah telur organik, telur vegetarian, telur berkulit pasteurisasi, dan telur rekayasa nutrisi seperti telur rendah kolesterol dan telur yang diperkaya dengan omega 3. Dengan perlakuan yang khusus dan special tersebut, tidak heran jika produk telur modifikasi tersebut memiliki harga di atas rata-rata. Tetapi, tentu saja nilai lebih yang didapatkan akan sebanding dengan harga yang dikeluarkan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa telur tersebut.

  • Telur Organik

    Teur organic merupakan telur yang dihasilakn oleh ayam yang diberi pangan yang tidak mengandung pestisida, fungisida, herbisidam atau pupupk komesial lainnya. Selain itu, ayam juga tidak boleh diberi hormone pertumbuhan dan antibiotic.

  • Telur Vegetarian

    Telur vegetarian merupakan telur yang diproduksi oleh ayam yang diberi makan produk yang bebas dari kandungan hewani, serta bebas dari pemberian hormone, antibiotic atau steroid.

    • Telur Pasteurisasi

      Telur pasteurisasi merupakan telur yang diproses dengan pemanasan untuk membunuh bakteri salmonella yang ada pada telur. Telur pasteurisasi merupakan pilihan yang baik untuk konsumen maupun industry jasa boga yang menyahikan meni telur mentah maupun telur setengah matang.

    • Telur Rendah Kolesterol

      Telur rendah kolesterol merupakan telur yang memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada telur pada umumnya. Ayam yang menghasilan telur rendah kolesterol diberikan makanan sumber protein nabati. Selain diberi jagung dan beras, juga ditambahkan ampas buah merah yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda.  Namun, telur kolesterol ini kurang dirasakan manfaatnya karena telur ini hanya mengurangi masukan kolesterol dari luar dan tidak mengurnagi kolesterol dari dalam tubuh.

    • Telur Omega 3

      Telur omega 3 merupakan telur yang dihasilkan dari ayam yang diberi pakan kaya sumber asam lemak omega 3 seperti biji kedelai, biji rami (flax seed) dan minyak hati ikan cod. Sam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensisal yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Telur yang diperkaya omega 3 merupakan pilihan yang tepat bagi konsumen yang ingin meningkatkan asupan lemak omega 3. Kandungan omega-3 yang tinggi pada telur ini didapat dari pakan ayam yang sengaja diformulasikan dengan lemak omega-3 tinggi. Ketika cangkang telur dipecah, telur kaya omega-3 tampak berbeda dengan telur ayam biasa. Kuning telurnya berwarna  kemerahan, dan tampak lebih tebal.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...