Produk Telur Modifikasi



Dalam perjalannya, kini telur banyak mengalami modifikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. banyak produsen telur yang memulai produksi telur-telur yang dimodifikasi atau telur-telur khusus. Beberapa diantaranya adalah telur organik, telur vegetarian, telur berkulit pasteurisasi, dan telur rekayasa nutrisi seperti telur rendah kolesterol dan telur yang diperkaya dengan omega 3. Dengan perlakuan yang khusus dan special tersebut, tidak heran jika produk telur modifikasi tersebut memiliki harga di atas rata-rata. Tetapi, tentu saja nilai lebih yang didapatkan akan sebanding dengan harga yang dikeluarkan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa telur tersebut.

  • Telur Organik

    Teur organic merupakan telur yang dihasilakn oleh ayam yang diberi pangan yang tidak mengandung pestisida, fungisida, herbisidam atau pupupk komesial lainnya. Selain itu, ayam juga tidak boleh diberi hormone pertumbuhan dan antibiotic.

  • Telur Vegetarian

    Telur vegetarian merupakan telur yang diproduksi oleh ayam yang diberi makan produk yang bebas dari kandungan hewani, serta bebas dari pemberian hormone, antibiotic atau steroid.

    • Telur Pasteurisasi

      Telur pasteurisasi merupakan telur yang diproses dengan pemanasan untuk membunuh bakteri salmonella yang ada pada telur. Telur pasteurisasi merupakan pilihan yang baik untuk konsumen maupun industry jasa boga yang menyahikan meni telur mentah maupun telur setengah matang.

    • Telur Rendah Kolesterol

      Telur rendah kolesterol merupakan telur yang memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada telur pada umumnya. Ayam yang menghasilan telur rendah kolesterol diberikan makanan sumber protein nabati. Selain diberi jagung dan beras, juga ditambahkan ampas buah merah yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda.  Namun, telur kolesterol ini kurang dirasakan manfaatnya karena telur ini hanya mengurangi masukan kolesterol dari luar dan tidak mengurnagi kolesterol dari dalam tubuh.

    • Telur Omega 3

      Telur omega 3 merupakan telur yang dihasilkan dari ayam yang diberi pakan kaya sumber asam lemak omega 3 seperti biji kedelai, biji rami (flax seed) dan minyak hati ikan cod. Sam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensisal yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Telur yang diperkaya omega 3 merupakan pilihan yang tepat bagi konsumen yang ingin meningkatkan asupan lemak omega 3. Kandungan omega-3 yang tinggi pada telur ini didapat dari pakan ayam yang sengaja diformulasikan dengan lemak omega-3 tinggi. Ketika cangkang telur dipecah, telur kaya omega-3 tampak berbeda dengan telur ayam biasa. Kuning telurnya berwarna  kemerahan, dan tampak lebih tebal.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...