Produk Telur Modifikasi



Dalam perjalannya, kini telur banyak mengalami modifikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. banyak produsen telur yang memulai produksi telur-telur yang dimodifikasi atau telur-telur khusus. Beberapa diantaranya adalah telur organik, telur vegetarian, telur berkulit pasteurisasi, dan telur rekayasa nutrisi seperti telur rendah kolesterol dan telur yang diperkaya dengan omega 3. Dengan perlakuan yang khusus dan special tersebut, tidak heran jika produk telur modifikasi tersebut memiliki harga di atas rata-rata. Tetapi, tentu saja nilai lebih yang didapatkan akan sebanding dengan harga yang dikeluarkan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa telur tersebut.

  • Telur Organik

    Teur organic merupakan telur yang dihasilakn oleh ayam yang diberi pangan yang tidak mengandung pestisida, fungisida, herbisidam atau pupupk komesial lainnya. Selain itu, ayam juga tidak boleh diberi hormone pertumbuhan dan antibiotic.

  • Telur Vegetarian

    Telur vegetarian merupakan telur yang diproduksi oleh ayam yang diberi makan produk yang bebas dari kandungan hewani, serta bebas dari pemberian hormone, antibiotic atau steroid.

    • Telur Pasteurisasi

      Telur pasteurisasi merupakan telur yang diproses dengan pemanasan untuk membunuh bakteri salmonella yang ada pada telur. Telur pasteurisasi merupakan pilihan yang baik untuk konsumen maupun industry jasa boga yang menyahikan meni telur mentah maupun telur setengah matang.

    • Telur Rendah Kolesterol

      Telur rendah kolesterol merupakan telur yang memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada telur pada umumnya. Ayam yang menghasilan telur rendah kolesterol diberikan makanan sumber protein nabati. Selain diberi jagung dan beras, juga ditambahkan ampas buah merah yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda.  Namun, telur kolesterol ini kurang dirasakan manfaatnya karena telur ini hanya mengurangi masukan kolesterol dari luar dan tidak mengurnagi kolesterol dari dalam tubuh.

    • Telur Omega 3

      Telur omega 3 merupakan telur yang dihasilkan dari ayam yang diberi pakan kaya sumber asam lemak omega 3 seperti biji kedelai, biji rami (flax seed) dan minyak hati ikan cod. Sam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensisal yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Telur yang diperkaya omega 3 merupakan pilihan yang tepat bagi konsumen yang ingin meningkatkan asupan lemak omega 3. Kandungan omega-3 yang tinggi pada telur ini didapat dari pakan ayam yang sengaja diformulasikan dengan lemak omega-3 tinggi. Ketika cangkang telur dipecah, telur kaya omega-3 tampak berbeda dengan telur ayam biasa. Kuning telurnya berwarna  kemerahan, dan tampak lebih tebal.

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....