Fakta Tentang Telur



  • Telur Merupakan Makanan Terbaik Setelah Susu

    Semua makanan mengandung protein tinggi atau rendah dalam 100 gramnya tergantung kadar airnya. Artinya , mengonsumsi susu sebanyak 100 cc dibanding telur ayam 100 gram, tentu saja nilai gizinya lebih baik telur ayam. Ini karena susu lebih banyak mengandung kadar air (85%) daripada telur. Sebagai gambaran, susu mengandung protein sekitar 3% sedangkan telur sekitar 12%. Padahal harga 100 cc susu relatif jauh lebih mahal daripada 100 gram telur. Karena itu telur merupakan sumber protein hewani yang terbaik sekaligus termurah.

  • Makan Telur Setiap Hari

    Cukup banyak orang tua yang tak membolehkan anaknya mengonsumsi telur setiap hari. Mereka khawatir gara-gara hobi makan telur, kadar kolesterol dalam darah anaknya meningkat secara drastis dan menimbulkan gangguan atau penyakit serius. Pandangan ini tentu saja keliru, apalagi jika diterapkan pada anak-anak Indonesia. Pasalnya, pola makan mayoritas anak Indonesia masih kurang baik karena jarang minum susu, sementara makan daging pun belum tentu seminggu sekali.

    Di samping itu, kandungan total kolesterol dalam sebutir telur masih di bawah kebutuhan kolesterol per hari. Nah, kalau telur pun dijauhi juga maka sangat mungkin kekurangan gizi bakal menjadi masalah serius bagi generasi penerus. Oleh sebab itu tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi telur setiap hari.

  • Telur merupakan Kondisioner yang Baik

    Kondisioner memang ada kaitannya dengan protein dan zinc seperti yang banyak diiklankan oleh banyak produk shampo. Kurangnya asupan protein akan memunculkan gangguan dan aneka masalah rambut, dari rambut rontok, bercabang, kemerah-merahan, mudah patah dan sebagainya. Tidak heran bila orang yang melakukan diet ketat dengan membatasi asupan lemak dan protein, rambutnya jadi gampang rontok. Karena itu, konsumsilah telur supaya rambut sehat dan kuat.

Artikel Lainnya