Pengganti Gula Pasir



Gula merupakan bahan pemanis makanan dan minuman. Selain sebagai penambah rasa, gula juga dapat digunakan sebagai penstabil dan juga pengawet. Gula merupakan suatu karbohidrat sederhana yang umumnya dihasilkan dari tanaman tebu. Tetapi, dalam praktiknya, gula juga dapat dihasilkan dari air bunga kelapa, aren, palem, maupun kelapa. Semakin meningkatnya kesadaran akan kesehatan, penggunaan gula pun menjadi semakin di perhitungkan. Berikut ini adalah jenis-jenis gula lain yang dapat dijadikan sebagai pengganti gula pasir.

  • Madu

    Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Madu tidak hanya digunakan sebagai tambahan untuk memberikan rasa manis. Madu juga merupakan makanan lengkap yang mengandung asam amino, komponen antioxidant dan antimikroba.  Madu memiliki aktivitas antimikroba yang dapat melawan peradangan dan infeksi. Dalam kandungan fisik dan kimiawi seperti kadar keasaman dan pengaruh osmotic berperan untuk membunuh mikroba.

  • Stevia

    Stevia merupakan tanaman semak-semak dari keluarga bunga matahari (Asteraceae), memiliki genus sekitar 240 spesies, dan merupakan tanaman asli Amerika Selatan. Dari 240 spesies tersebut, hanya Stevia rebaudiana yang digunakan sebagai pemanis, Sehingga, dikenal sebagai “the sweet herb of Paraguay” atau stevia. Suku Indian Guarani di Paraguay dan Brasil telah menggunakan daun stevia sebagai pemanis selama berabad-abad dan menyebut stevia sebagai “Ka’a He’e” atau pemanis herbal dalam bahasa mereka. Dalam ekstrak daun Stevia rebaudiana, Stevioside dan rebaudioside merupakan komponen manis utama tanaman tersebut dengan tingkat kemanisan sekitar 300 kali lebih manis dari sukrosa (0.4% larutan). Baik stevioside maupun rebaudioside memiliki gugus steviol yang berperan sebagai pembawa glukosa.

  • Coconut sugar

    Gula kelapa atau sering juga disebut dengan gula merah kelapa merupakan gula yang diperoleh dari hasil penguapan  nira kelapa yang terus diaduk sampai berwarna cokelat kemerahan dan mengental untuk kemudian dicetak. Dalam  industri pangan, gula kelapa bnayak dipakai sebagai bahan pembuatan kecap, pembuatan kue, dan roti. Nira merupakan hasil dari penyadapan tandan bunga kelapa.

  • Gula maple

    Gula maple merupakan gula yang diproduksi setelah salju mulai mencair. Sirup maple banyak diproduksi di Kanada dengan jumlah produsen mencapai 10.500 dan tersebar di provinsi Quebec, Ontario, New Brunswick, dan Nova Scotia. Gula maple merupakan gula jenis pertama yang diproduksi di bagian timur Amerika Utara dan menjadi pemanis standart sampai munculnya gula tebu di tahun 1875. Gula maple dikumpulkan dari getah pohon maple. Untuk membuat satu liter sirup maple dibutukan 40 liter getah dari pohon maple.


Reference

www.agr.gc.ca

Geuns, J.M., 2003. Stevioside. Phytochemistry 64, 913–21.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...