Healthy Mediterania



Salah satu tren makanan di 2018 adalah rendah gula dan snack yang rendah karbohidrat. Beberapa tahun yang lalu, low sugar dan  low carb hanya direpresentasikan oleh para pelaku diet. Namun, kesadaran masyarakat saat ini membuat tidak hanya para pelaku diet, tetapi hamper seluruh kalangan memilih untuk menjadi lebih sehat dengan rendah gula dan karbo. Namun sebenarnya, bagaimana rendah gula dan  rendah karbo tersebut dijalankan? Ternyata, rendah karbo banyak dilakukan oleh orang-orang Mediterania. Kawasan di sekitar laut Mediterania atau sekitar Italia dan Yunani memiliki persebaran penyakit kardiovaskuler yang cenderung lebih sedikit. Pola makan  Mediterania merupakan pola makan yang mengonsumsi makanan tradisonal Yunani dan Italia. Di mana, mereka mengatur pola makan mereka agar lebih sehat dan dapat menjauhi gula. Berikut ini adalah pola makan Mediterania yang mungkin dapat diaplikasikan agar dapat menjalani pola makan yang rendah gula dan karbo.  

  • Kurangi semua gula, manisan, minuman, dan dessert tidak lebih dari sekali atau dua kali dalam seminggu. Anda dapat menggunakan pengganti gula seperti stevia atau xylitol. Tetapi, jangan mencoba untuk menghilangkan gula dalam diri Anda.
  • Kurangi atau hindari makanan berpati serperti roti tawar putih, pasta yang dibuat dari tepung olahan, kentang,atau nasi.
  • Awali hari dengan telur: telur rebus, poached, orak-arik maupun dijadikan sebagai omelette. Telur membuat kenyang lebih lama dibandingkan dengan sereal dan roti panggang. Telur akan sangat enak jika dipadukan dengan salmon asap maupun ditaburi dengan cabai kering.

Selain pola makanan, aktivitas fisik rutin merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh orang-orang Mediterania untuk menjadi lebih sehat dan dapat menghindari berbagai penyakit. Kebugaran fisik dan aspek social menjdi faktor yang sangat menentukan.
References:

thebloodsugardiet.com

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...