Tren Restoran 2018



Restoran menjadi salah satu tempat yang tidak pernah sepi pengunjung. Pertumbuhan restoran terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun, pertumbuhan restoran tidak bisa dianggap sepele dengan hanya menyediakan makanan untuk pengunjungnya. 2017 menjadi tahun penuh ide untuk sebuah restoran yang ingin mengembangkan sayapnya. Di 2018 tren restoran tidak lagi hanya menyediakan makanan saja. Berikut ini tren restoran 2018 yang patut untuk diketahui bagi para pelaku bisnis boga.

  • Root to leaf

    Konsep mengurangi sisa makanan terus didengungkan mulai tahun 2017, di penghujung tahun ini, pemanfaatan seluruh bagian dari bahan makanan menjadi sangat booming. Root to leaf di 2018 akan semakin meningkat dengan resep-resep baru yang telah dikembangkan. Seperti halnya potongan atas wortel yang selalu dibuang kini telah dimanfaatkan untuk dijadikan bahan saus pesto.

  • Hidangan ala Korea

    Pengaruh budaya Korea masih terasa sejak beberapa tahun terakhir, salah satunya adalah hidangan korea yang memiliki citarasa luar biasa dengan warna merah khas saus gochujang. Konsumen masih memiliki minat yang besar untuk mencoba dan mencicipi citarasa korea yang otentik sehingga restoran dengan konsep Korea akan sangat digemari.

  • Sarapan di waktu kapan pun

    Kesibukan dan kepraktisan tidak lagi dapat dipisahkan dari masyarakat saat ini. Sarapan yang menjadi ritual makan pagi pun kadang harus bergeser waktu menjadi siang bahkan sore hari. Pergeseran waktu ini menjadi peluang yang tepat bagi restoran yang menyediakan menu sarapan tidak hanya pada pagi hari saja. Konsumen dapat menikmati menu sarapan sesuai dengan waktu yang mereka miliki. Seperti makan di sore hari dengan menu oatmeal, granola, dan yogurt yang dipadukan dengan biji-bijian mapun buah-buahan. Selain menyediakan sarapan sepanjang waktu restoran seperti ini berpotensi juga untuk pengunjung vegetarian.

  • Bowls over Plates

    Tidak hanya restoran secara umum, di tahun 2018 pemilihan alat makan pun menjadi salah satu daya tarik untuk para konsumen. Di 2017 ide penggunaan mangkuk berasal dari budaya “Buddha Bowls” di mana para buddist mencampur hidangan vegan yang akan di makan di dalam mangkuk tersebut. Bagi sebagian generasi Z saat ini makanan dalam mangkuk terlihat lebih atraktif dan menggugah selera. Penggunaan alat yang unik di sebuah restoran tentu akan lebih menguntungkan.

  • Dapur terbuka

    Konsep dapur terbuka beberapa tahun ini telah banyak di aplikasikan di cafe-cafe saja. Selain lebih menarik, dapur terbuka memenuhi konsep clear yang ingin dicapai oleh banyak konsumen di tahun 2018. Penerapan dapur terbuka pada restoran meningkatkan kepercayaan pada konsumen terkait bahan-bahan yang digunakan serta kualitas pekerja dari restoran tersebut.

  • Persediaan bahan baku lokal

    Saat ini, orang-orang berani membayar sedikit lebih mahal untuk apa yang akan mereka makan. Konsep tersebut membuat persiapan bahan baku menjadi salah satu parameter yang penting. Menggunakan bahan baku dari produk lokal tentu akan menaikkan nilai dari sebuah restoran, karena konsumen saat ini menjadi lebih selektif.

  • Jasa pesan antar makanan

    Perkembangan teknologi tentu tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Banyak toko ritel telah memanfaatkan layanan jasa pesan antar ini. tak terkecuali dengan restoran, sudah semestinya, jasa layanan pesan antar menjadi daftar must to do tersendiri bagi sebuah restoran untuk tetap dapat memanjakan konsumennya hingga di pintu rumah.

Para pelaku industry boga, khususnya untuk pemilik sebuah restoran, memanfaatkan sebuah tren untuk kemajuan restoran merupakan langkah awal yang baik untuk memiliki konsumen. Tetapi, mempertahankan mereka untuk dapat kembali berkunjung adalah hal yang paling penting di mulai dari rasa dari masakan yang dihidangkan. Mengombinasikan tren dengan keahlian memasak serta citarasa yang otentik akan menciptakan sebuah restoran yang sesak akan pengunjung. Selamat mencoba.

Reference:
Joinposter.com

Artikel Lainnya

  • Apr 18, 2019

    Tips Memilih Whipped Cream

    hipped cream merupakan krim yang timbul di bagian atas dari susu pada waktu didiamkan atau dipisahkan, sehingga whipped cream juga disebut sebagai ‘kepala susu’.Kegagalan dalam pengolahan whipped cream biasanya ada pada suhu, pengocokan, dan perbandingan air (khusus untuk bubuk whipped cream). “Penggunaan air es dalam pengocokkan bubuk whipped cream sangat penting, karena air es tersebut membantu whipped cream mengembang secara maksimal.  ...

  • Apr 16, 2019

    Bahan-bahan yang mempengaruhi tekstur es krim

    Es krim dibuat dengan cara membekukan campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula, dengan atau tanpa penambahan ingridien lain yang diizinkan. Bentuk dan ukuran masing-masing bahan penyusun es krim tersebut sangat menentukan kualitas es krim, terutama tekstur. Tekstur yang diinginkan pada es krim adalah lembut, creaminess (seperti kondisi kaya akan lemak) dan homogen. Sedangkan body yang diinginkan adalah firm dengan substansi padatan yang bersatu dalam bentuk buih/busa. Ketahanan es krim untuk tidak mudah meleleh juga menentukan apresiasi konsumen.   ...

  • Apr 15, 2019

    Costing Menu Honey Blended

    Honey Blended  adalah smoothie yang berbahan dasar raspberry, yoghurt, dan madu. Raspberry merupakan jenis buah yang banyak menyumbangkan manfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi. Dipadukan dengan yogurt maka semakin melengkapi menfaat dari buah ini. ...

  • Apr 15, 2019

    Kenali Perbedaan Alergi Susu dengan Intoleransi Laktosa

    Alergi protein susu dan intoleransi laktosa merupakan dua masalah utama mengapa orang tidak dapat mengonsumsi susu. Perlu diketahui bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda, meskipun dapat memberikan gejala yang sama. Alergi susu, biasanya yang berasal dari sapi, timbul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh yang menganggap bahwa protein susu yang masuk ke dalam tubuh ialah zat yang berbahaya. Oleh karena itu, sistem kekebalan tubuh memberikan respon penolakan dan menghasilkan gejala alergi. Susu sapi mengandung dua jenis protein, yaitu whey dan kasein yang keduanya dapat memicu reaksi alergi.   ...

  • Apr 11, 2019

    Jenis-Jenis Susu dan Kandungan Lemaknya

    Susu sebagai bahan makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sifatnya mudah dicerna dan diserap,sehingga baik untuk dikonsumsi. Susu cair, selain dikonsumsi langsung, juga banyak digunakan sebagai bahan baku dalam industri jasa boga, seperti untuk pembuatan yoghurt, pendamping breakfast cereal, pengganti santan, dan lainnya. Di pasaran terdapat berbagai jenis susu cair. Oleh sebab itu, industri perlu membaca label untuk memilih produk susu yang sesuai dengan kebutuhan. ...