Makanan Luar itu Selingan bukan Saingan



Persaingan industry makanan dan minuman hingga saat ini terus mengalami peningkatan. Tidak hanya makanan lokal, makanan dari berbagai negara yang lain pun turut meramaikan pasar industry boga di Indonesia. Banyaknya food culture yang digemari oleh anak-anak muda sedikit demi sedikit menggeser citarasa lokal yang selama ini merajai tingkatan pasar di Indonesia.

Kendati demikian, rupanya hal tersebut ditanggapi dengan mudah oleh Ketua Asosiasi Chef Indonesia, Chef Henry Alexie Bloem. Menurutnya, makanan atau masakan Indonesia dapat bersaing dengan baik dengan makanan-makanan luar negeri yang saat ini tengah menjamur di Indonesia. Bahkan, makanan Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang baik. “Masakan-masakan luar itu cuma selingan, bukan saingan. Jadi, tidak perlu khawatir,” tutur Chef asal Bali ini. Selain tidak perlu mengkhawatirkan terkait derasnya arus makanan luar di Indonesia, Chef Bloem lebih fokus agar chef-chef muda belajar mengenai teknik plating yang menarik dan sekreatif mungkin.

“Makanan Indonesia itu enak, tapi kadang teknik platingnya masih kurang. Jadi, belajar plating yang baik juga dapat meningkatkan nilai dari sebuah makanan tersebut. Berkreasi dan memiliki variasi untuk plating itu bagus. Tapi, jangan merubah rasa. Rasa tetap harus otentik,” jelas chef Bloem pada tim Kulinologi di acara Pameran SIAL Interfood 2017 .

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...