Makanan Luar itu Selingan bukan Saingan



Persaingan industry makanan dan minuman hingga saat ini terus mengalami peningkatan. Tidak hanya makanan lokal, makanan dari berbagai negara yang lain pun turut meramaikan pasar industry boga di Indonesia. Banyaknya food culture yang digemari oleh anak-anak muda sedikit demi sedikit menggeser citarasa lokal yang selama ini merajai tingkatan pasar di Indonesia.

Kendati demikian, rupanya hal tersebut ditanggapi dengan mudah oleh Ketua Asosiasi Chef Indonesia, Chef Henry Alexie Bloem. Menurutnya, makanan atau masakan Indonesia dapat bersaing dengan baik dengan makanan-makanan luar negeri yang saat ini tengah menjamur di Indonesia. Bahkan, makanan Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang baik. “Masakan-masakan luar itu cuma selingan, bukan saingan. Jadi, tidak perlu khawatir,” tutur Chef asal Bali ini. Selain tidak perlu mengkhawatirkan terkait derasnya arus makanan luar di Indonesia, Chef Bloem lebih fokus agar chef-chef muda belajar mengenai teknik plating yang menarik dan sekreatif mungkin.

“Makanan Indonesia itu enak, tapi kadang teknik platingnya masih kurang. Jadi, belajar plating yang baik juga dapat meningkatkan nilai dari sebuah makanan tersebut. Berkreasi dan memiliki variasi untuk plating itu bagus. Tapi, jangan merubah rasa. Rasa tetap harus otentik,” jelas chef Bloem pada tim Kulinologi di acara Pameran SIAL Interfood 2017 .

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....