Makanan Luar itu Selingan bukan Saingan



Persaingan industry makanan dan minuman hingga saat ini terus mengalami peningkatan. Tidak hanya makanan lokal, makanan dari berbagai negara yang lain pun turut meramaikan pasar industry boga di Indonesia. Banyaknya food culture yang digemari oleh anak-anak muda sedikit demi sedikit menggeser citarasa lokal yang selama ini merajai tingkatan pasar di Indonesia.

Kendati demikian, rupanya hal tersebut ditanggapi dengan mudah oleh Ketua Asosiasi Chef Indonesia, Chef Henry Alexie Bloem. Menurutnya, makanan atau masakan Indonesia dapat bersaing dengan baik dengan makanan-makanan luar negeri yang saat ini tengah menjamur di Indonesia. Bahkan, makanan Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang baik. “Masakan-masakan luar itu cuma selingan, bukan saingan. Jadi, tidak perlu khawatir,” tutur Chef asal Bali ini. Selain tidak perlu mengkhawatirkan terkait derasnya arus makanan luar di Indonesia, Chef Bloem lebih fokus agar chef-chef muda belajar mengenai teknik plating yang menarik dan sekreatif mungkin.

“Makanan Indonesia itu enak, tapi kadang teknik platingnya masih kurang. Jadi, belajar plating yang baik juga dapat meningkatkan nilai dari sebuah makanan tersebut. Berkreasi dan memiliki variasi untuk plating itu bagus. Tapi, jangan merubah rasa. Rasa tetap harus otentik,” jelas chef Bloem pada tim Kulinologi di acara Pameran SIAL Interfood 2017 .

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...