Serba-serbi Sandwich



Sandwich atau roti lapis merupakan salah satu produk aplikasi bakeri yang berupa dua potong roti yang ditengahnya diisi dengan berbagai isian dan saus. Saat ini sandwich menjadi jajanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, menyesuaikan dengan banyaknya konsumen, sandwich memiliki variasi pada roti, saus dan juga isian yang digunakan

Roti

Sandwich yang banyak dikenal menggunakan roti tawar sebagai penjepit untuk isian dan saus. Roti tawar merupakan roti yang paling umum digunakan dalam sandwich. Namun, saat ini, sandwich tidak hanya menggunakan roti tawar, sebagai gantinya, roti yang dapat digunakan adalah, baguette, whole wheat bread, burger buns, croissant, hingga jenis bakpao dan hot dog. Adanya variasi tersebut tentunya menciptakan keunikan serta daya jual yang tinggi terhadap konsumen yang selalu ingin mencoba hal-hal baru dengan makanan mereka sehari-hari.

Saus

Tidak berbeda dengan jenis roti, saus sandwich yang digunakan pun kini semakin beragam. Jika pada mulanya hanya digunakan saus tomat dan mayones, saat ini dikembangkan saus dengan berbagai citarasa negara asing seperti menggunakan saus gochujang dari Korea Selatan, atau bumbu rendang dari Indonesia. Selain sebagai penambah rasa, saus pada sandwich juga berfungsi sebagai perekat bahan isian sandwich.

Isian

Pada dasarnya, isian sandwich berupa sayur, selapis daging, dan telur. Namun, seperti halnya dengan jenis roti dan saus. Isian pada sandwich mengalami variasi yang meningkat. Sebenarnya, kita dapat mengisi sandwich dengan bahan apapun sesuai dengan selera. Bahkan tidak hanya savory, sandwich dapat ditambahkan dengan isian yang sweet seperti pasta cokelat, selai, maupun buah-buahan.

Artikel Lainnya