Macam-macam Flat Bread



Flat bread atau roti pipih merupakan roti yang pada proses pembuatannya dilakukan penggilasan yang dilakukan dengan alat atau menggunakan tangan kemudian dipanggang di dalam oven atau bara api. Roti pipih ini dibuat dari campuran tepung berprotein tinggi dan air dengan atau tanpa ragi, garam, dan minyak. Pada dasarnya roti pipih adalah jenis roti yang telah lama dibuat sebelum penggunaan ragi untuk dapat mengembangkan roti. Roti pipih sangat popular di kawasan Asia Selatan, Timur Tengah, juga Negara Eropa. Citaranya yang sederhana sangat cocok apabila dipadukan dengan saus khas Negara masing-masing seperti kari, taburan gula salju, diisi daging atau ayam serta dicocol dengan hummus yang merupakan saus dari kacang chick pea. Masyarakat di timur tengah biasanya memanggang roti pipih dengan menggunakan tandoor (oven tanah liat berbentuk seperti kuali). Bagian dasarnya diisi bara arang yang akan memasak roti pipih tersebut.

Roti Canai

Roti Canai merupakan jenis flat bread yang paling terkenal. Beberapa orang menyebutnya canai, cane, atau roti maryam. Pada proses pembuatannya roti canai yang sudah ditipiskan, dibentuk menyerupai sanggul cepol kemudian direndam dalam minyak. Adonan roti canai mirip dengan adonan kulit martabak yang terdiri dari tepung terigu, minyak (mentega dari susu kambing), telur, dan air.

Barbari

Barbari merupakan roti yang terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum utuh yang dibentuk panjang dengan ketebalan 2,5 cm, dipanggang dalam tandoor hingga berwarna cokelat keemasan. Barbari merupakan roti tradisional khas Persia yang sangat terkenal di Iran. Roti barbari bermula dari nan e-barbari yang artinya roti para barbar atau orang yang tinggal di perbatasan Timur Iran dan Afghanistan. Konon, para barbar inilah yang mengenalkan roti barbari ke wilayah Iran.

Tandoori

Tandoori merupakan roti flat yang pada proses pembuatannya tidak menggunakan ragi. Roti tandoori memiliki tekstur lebih tipis dibandingkan dengan roti naan yang sama-sama di oven panggang dalam oven tandoor. Roti tandoori sangat cocok disantap dengan kari kambing, sapi, maupun ayam.

Arepa

Arepa merupakan rotih pipih bundar yang terbuat dari tepung maizena. Arepa merupakan makana khas Kolombia yang biasanya disajikan dengan pelengkap berupa keju, alpukat,selai, atau tomat cincang.

Tortilla

Tortilla merupakan roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari tepung jagung dan dipanggang dalam tandoor. Tortilla biasa disajikan dengan kombinasi daging, keju, saus cabai, dan sayuran. Selain tepung jagung, terdapat jenis tortilla yang terbuat dari tepung gandum. Namun, tortilla jagung merupakan jenis orisinil yang berasal dari wilayah Amerika Utara.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...