Macam-macam Flat Bread



Flat bread atau roti pipih merupakan roti yang pada proses pembuatannya dilakukan penggilasan yang dilakukan dengan alat atau menggunakan tangan kemudian dipanggang di dalam oven atau bara api. Roti pipih ini dibuat dari campuran tepung berprotein tinggi dan air dengan atau tanpa ragi, garam, dan minyak. Pada dasarnya roti pipih adalah jenis roti yang telah lama dibuat sebelum penggunaan ragi untuk dapat mengembangkan roti. Roti pipih sangat popular di kawasan Asia Selatan, Timur Tengah, juga Negara Eropa. Citaranya yang sederhana sangat cocok apabila dipadukan dengan saus khas Negara masing-masing seperti kari, taburan gula salju, diisi daging atau ayam serta dicocol dengan hummus yang merupakan saus dari kacang chick pea. Masyarakat di timur tengah biasanya memanggang roti pipih dengan menggunakan tandoor (oven tanah liat berbentuk seperti kuali). Bagian dasarnya diisi bara arang yang akan memasak roti pipih tersebut.

Roti Canai

Roti Canai merupakan jenis flat bread yang paling terkenal. Beberapa orang menyebutnya canai, cane, atau roti maryam. Pada proses pembuatannya roti canai yang sudah ditipiskan, dibentuk menyerupai sanggul cepol kemudian direndam dalam minyak. Adonan roti canai mirip dengan adonan kulit martabak yang terdiri dari tepung terigu, minyak (mentega dari susu kambing), telur, dan air.

Barbari

Barbari merupakan roti yang terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum utuh yang dibentuk panjang dengan ketebalan 2,5 cm, dipanggang dalam tandoor hingga berwarna cokelat keemasan. Barbari merupakan roti tradisional khas Persia yang sangat terkenal di Iran. Roti barbari bermula dari nan e-barbari yang artinya roti para barbar atau orang yang tinggal di perbatasan Timur Iran dan Afghanistan. Konon, para barbar inilah yang mengenalkan roti barbari ke wilayah Iran.

Tandoori

Tandoori merupakan roti flat yang pada proses pembuatannya tidak menggunakan ragi. Roti tandoori memiliki tekstur lebih tipis dibandingkan dengan roti naan yang sama-sama di oven panggang dalam oven tandoor. Roti tandoori sangat cocok disantap dengan kari kambing, sapi, maupun ayam.

Arepa

Arepa merupakan rotih pipih bundar yang terbuat dari tepung maizena. Arepa merupakan makana khas Kolombia yang biasanya disajikan dengan pelengkap berupa keju, alpukat,selai, atau tomat cincang.

Tortilla

Tortilla merupakan roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari tepung jagung dan dipanggang dalam tandoor. Tortilla biasa disajikan dengan kombinasi daging, keju, saus cabai, dan sayuran. Selain tepung jagung, terdapat jenis tortilla yang terbuat dari tepung gandum. Namun, tortilla jagung merupakan jenis orisinil yang berasal dari wilayah Amerika Utara.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...