Variasi Dessert Beku (Bagian II)



Berbagai jenis frozen dessert pilihan yang lezat dan menggoda. Sajian penutup yang dingin-dingin selalu jadi favorit. Apalagi, jika cuaca sedang panas terik. Siapa pun akan tergoda dengan sensasi dinginnya.

Frozen Kefir. Kembarannya froyo. Bedanya, memiliki rasa asam yang ‘lebih’ dibanding froyo karena jumlah dan jenis bakteri asam laktat (penghasil asam) yang digunakan untuk membuat kefir pun berbeda dari yoghurt. Frozen kefir juga melalui tahap pembekuan dan diproses menggunakan soft ice cream machine sehingga teksturnya mirip es krim.

Frozen Custard. Dibuat dari campuran susu atau krim dan kuning telur. Untuk menambah cita rasa, terkadang ditambahkan  gula, vanila, cokelat, atau lemon. Custard biasa tersaji sebagai saus, namun versi bekunya memiliki tekstur pekat menyerupai gelato. Cita rasanya lebih creamy karena ada campuran krim di dalamnya.

Es Loli. Dibuat dari sari buah segar atau susu dengan tambahan perasa. Dicetak dalam cetakan khusus es loli, atau diberi batang kayu untuk pegangan saat menyantapnya. Es loli dikenal juga dengan nama es lilin.

Es Potong/Es Puter. Nama es potong cukup terkenal di Singapura dan Malaysia. Sebelum disantap, es yang terbuat dari santan ini harus dipotong dulu, ditusuk dengan stik kayu atau diapit dengan roti tawar. Varian es potong yang cukup populer di negara tetangga antara lain es potong kacang merah dan es potong vermicelli. Di Indonesia, es berbahan utama santan lebih dikenal dengan sebutan es puter. Diproses dengan cara ditempatkan dalam wadah tabung, lalu diaduk terus-menerus agar menghasilkan tekstur beku. Supaya pembekuannya sempurna, di luar tabung diberi tambahan bongkahan es batu dan garam. Cita rasa es puter bervariasi, selain vanili, ada rasa cokelat, durian, kopyor, avokad, kacang hitam, dan kacang hijau.

Es Serut. Terbuat dari campuran susu, sari buah, atau sirop yang dibekukan, lalu diserut menggunakan alat khusus. Saat disajikan, es serut disandingkan dengan potongan buah segar, manisan, dan bahan lain sesuai selera.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...