Variasi Dessert Beku (Bagian II)



Berbagai jenis frozen dessert pilihan yang lezat dan menggoda. Sajian penutup yang dingin-dingin selalu jadi favorit. Apalagi, jika cuaca sedang panas terik. Siapa pun akan tergoda dengan sensasi dinginnya.

Frozen Kefir. Kembarannya froyo. Bedanya, memiliki rasa asam yang ‘lebih’ dibanding froyo karena jumlah dan jenis bakteri asam laktat (penghasil asam) yang digunakan untuk membuat kefir pun berbeda dari yoghurt. Frozen kefir juga melalui tahap pembekuan dan diproses menggunakan soft ice cream machine sehingga teksturnya mirip es krim.

Frozen Custard. Dibuat dari campuran susu atau krim dan kuning telur. Untuk menambah cita rasa, terkadang ditambahkan  gula, vanila, cokelat, atau lemon. Custard biasa tersaji sebagai saus, namun versi bekunya memiliki tekstur pekat menyerupai gelato. Cita rasanya lebih creamy karena ada campuran krim di dalamnya.

Es Loli. Dibuat dari sari buah segar atau susu dengan tambahan perasa. Dicetak dalam cetakan khusus es loli, atau diberi batang kayu untuk pegangan saat menyantapnya. Es loli dikenal juga dengan nama es lilin.

Es Potong/Es Puter. Nama es potong cukup terkenal di Singapura dan Malaysia. Sebelum disantap, es yang terbuat dari santan ini harus dipotong dulu, ditusuk dengan stik kayu atau diapit dengan roti tawar. Varian es potong yang cukup populer di negara tetangga antara lain es potong kacang merah dan es potong vermicelli. Di Indonesia, es berbahan utama santan lebih dikenal dengan sebutan es puter. Diproses dengan cara ditempatkan dalam wadah tabung, lalu diaduk terus-menerus agar menghasilkan tekstur beku. Supaya pembekuannya sempurna, di luar tabung diberi tambahan bongkahan es batu dan garam. Cita rasa es puter bervariasi, selain vanili, ada rasa cokelat, durian, kopyor, avokad, kacang hitam, dan kacang hijau.

Es Serut. Terbuat dari campuran susu, sari buah, atau sirop yang dibekukan, lalu diserut menggunakan alat khusus. Saat disajikan, es serut disandingkan dengan potongan buah segar, manisan, dan bahan lain sesuai selera.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...