Variasi Dessert Beku (Bagian I)



Berbagai jenis frozen dessert pilihan yang lezat dan menggoda. Sajian penutup yang dingin-dingin selalu jadi favorit. Apalagi, jika cuaca sedang panas terik. Siapa pun akan tergoda dengan sensasi dinginnya.

Es Krim. Cita rasa es krim yang manis dan lembut, berkat penggunaan susu, krim atau custard (tepung kuning telur), pemanis, dan perasa di resepnya. Semua bahan dikocok hingga teksturnya menjadi halus. Dibekukan dengan bantuan bahan penstabil (stabilizer) dan perekat (emulsifi er). Pembekuan dilakukan bersamaan dengan proses pengocokan supaya es krim membeku secara perlahan-lahan. Pada proses ini, udara terperangkap sehingga adonan mengembang menjadi dua kali lipat.

Gelato (baca: je-la-to). Penampilannya sepintas mirip dengan es krim, bertekstur lembut dan padat, namun tanpa krim. Gelato dibuat dari susu, pemanis dan campuran yang berasal dari buah, cokelat, dan kacang-kacangan segar. Ada juga resep gelato yang menambahkan kuning telur ke dalamnya. Semua bahan dikocok dalam waktu yang tidak terlalu lama seperti es krim, sehingga gelembung udara yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Suhu pembekuan gelato pun tidak serendah suhu pembekuan es krim. Hasilnya? tekstur gelato lebih padat dibanding es krim. Cita rasa gelato lebih intens dan pekat.

Sorbet. Dibuat dari buah segar asli yang dihaluskan, dicampur dengan symple syrup, dan putih telur, lalu dibekukan. Adonan yang sudah membeku, dikocok dengan bantuan mixer, food processor, atau blender. Sorbet memiliki butiran yang lebih kasar dari butiran es krim. Penggemar es yang  sedang berdiet, lebih memilih sorbet karena rendah kalori dibandingkan es krim dan gelato.

Granite. Disebut juga es lilin. Bahan dasarnya sama dengan sorbet, terdiri dari campuran sari buah, air, dan gula. Semua bahan langsung dibekukan dalam freezer tanpa proses pengadukan sehingga teksturnya lebih keras.

Frozen Yoghurt. Terbuat dari susu yang telah difermentasi dengan bakteri penghasil asam dan ekstrak buahbuahan. Froyo merupakan singkatan untuk frozen yoghurt, dibekukan dan diproses menggunakan soft ice cream machine. Frozen yoghurt diklaim sebagai es krim sehat karena rendah kalori dan minim lemak. Namun, pastikan memilih taburan buah segar untuk toppingnya, dibanding cookies, manisan buah, atau topping manis lainnya, karena akan menaikkan jumlah kalori.

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....