Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Produk Beku



Pembekuan menjadi salah satu alternatif yang menjadi pilihan industri jasa boga dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Teknologi tersebut memberikan berbagai kemudahan mulai untuk menjamin suplai bahan baku, dan menyimpan produk pangan dengan lebih lama.

Namun demikian, dalam menggunakan produk beku terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh industri jasa boga, terutama terkait mutu dan keamanan pangan. Berikut beberapa diantaranya:

Pemilihan dan penanganan bahan

Sebelum memasukkan bahan ke dalam lemari pendingin atau pembeku, pastikan semuanya telah sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan, termasuk memiliki umur simpan yang sesuai dengan kebutuhan. Selama menangani bahan tersebut, pastikan kebersihan tangan dan peralatan terutama yang kontak langsung. Produk yang masuk kulkas sebaiknya juga dalam kondisi bersih supaya tidak menjadi sumber kontaminasi. Produk harus disimpan dengan sistem first in first out.

Perawatan freezer/refrigerator
Selain produk, industri jasa boga juga perlu memperhatikan kondisi tempat penyimpanannya.  Ruangan yang tersedia harus memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kapasitas penyimpanan terlalu kecil, jangan memaksakan jumlah yang besar, sehingga dapat menyebabkan overload.  Kelebihan penyimpanan dapat menimbulkan masalah tersendiri, terutama risiko kejadian temperature abuse. Penyimpanan antara produk jadi dan bahan mentah juga harus dipisahkan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan ruang penyimpanan. Lakukan pembersihan secara rutin supaya tidak menimbulkan kontaminasi silang. Buang bahanbahan yang ternyata sudah kedaluwarsa atau tidak terpakai. 

Fitur lemari pendingin/pembeku juga harus berjalan dengan baik. Sebagai contoh, suhu yang tertera di termometer harus sesuai dengan kondisi aslinya. Validasi dan verifikasi harus dilakukan secara berkala agar tidak menimbulkan temperature abuse.

Thawing yang tepat

Ketika produk telah disimpan dengan baik, tetap saja akan menghasilkan produk yang buruk jika proses thawingnya tidak tepat. Mikroorganisme dapat tumbuh dengan baik setelah proses thawing. Oleh sebab itu, thawing juga harus melewati perencanaan yang matang. Terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan, diantaranya dengan menggunakan microwave atau dengan menempatkannya dalam suhu refrigerator.  Produk yang sudah dithawing sebaiknya tidak dibekukan lagi.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...