Pembekuan Ikan: Jadikan Ikan Berumur Panjang



Kondisi ideal ikan setelah ditangkap baiknya segera diolah dan dikonsumsi. Namun, di tengah kesibukan yang padat, rasanya sulit bisa mengonsumsi ikan segar setiap saat. Frozen fish seringkali dijadikan pilihan sebagai alasan kepraktisan, karena kondisi ikan tetap layak meski disimpan sampai waktu dikonsumsi.

Keadaan beku (-10)°C  menghambat aktivitas bakteri sehingga tidak dapat tumbuh. Meski aktivitas bakteri dihambat oleh pembekuan, bukan berarti frozen fish 100% bebas dari kontaminasi bakteri penyebab kerusakan. Hanya saja peluangnya untuk tumbuh dan berkembang biak ditekan sekecil mungkin.

Jika dibandingkan, umur simpan ikan segar yang dibekukan sendiri biasanya tidak sepanjang ikan umur simpan yang dijual sudah dalam kondisi beku. Walaupun suhu freezer di lemari es rumah tangga bisa membekukan ikan, namun peluang mikroba untuk tumbuh dan berkembang biak lebih besar karena ikan segar sudah terekspos udara. Sehingga jumlah mikroba awal saat dibekukan sudah lebih banyak. Bila ingin membekukan ikan dengan mutu optimal, kondisi ikan harus dipastikan betul keadaan prima, terutama untuk ikan beku yang dikonsumsi mentah, seperti sashimi.

Kebanyakan frozen fish yang dijual di supermarket berupa jenis ikan besar berdaging tebal dalam bentuk fillet , seperti dori, tuna, marlin, dan salmon. Agar kualitasnya tetap terjaga, simpan ikan beku dalam cooler box untuk menjaga suhu di perjalanan saat dibawa pulang.
Setibanya di rumah, bagi ikan beku untuk porsi sekali masak, masukkan dalam wadah tertutup rapat yang tidak tembus cahaya, segera simpan kembali di freezer. Tujuannya, agar ikan tidak kehilangan nilai gizinya akibat terlalu sering keluar-masuk lemari pendingin.

Bila akan dimasak, ikan beku harus dilelehkan butiran esnya atau dithawing terlebih dahulu supaya matangnya merata. Jika bagian dalam ikan masih beku, saat dimasak, bagian tersebut tidak mendapat panas yang tepat untuk membunuh bakteri patogen yang mungkin ada. 
Lakukan proses thawing dengan memindahkan ikan dari freezer ke dalam lemari es sehari sebelum dimasak. Biarkan esnya mencair secara alami dan jangan rendam ikan beku dalam air, apalagi air panas. Atau, ikan beku yang masih berada di dalam kemasannya dicairkan dengan diletakkan di bawah kucuran air mengalir.

Jika menggunakan microwave, lakukan dengan proses defroz. Dengan cara ini, sari ikan tidak banyak yang terbuang. Ikan yang sudah melewati proses thawing akan cepat membusuk, sama halnya dengan ikan yang belum dibekukan.

Ada baiknya ikan tidak dibekukan kembali setelah pelelehan karena proses rekristalisasi akan merusak tekstur dan menurunkan nilai gizinya. Bakteri pun bisa dengan mudah berkembang. Hal ini membuat kualitas ikan menurun, tekstur dan cita rasanya pun ikut berkurang.

Artikel Lainnya

  • Apr 18, 2019

    Tips Memilih Whipped Cream

    hipped cream merupakan krim yang timbul di bagian atas dari susu pada waktu didiamkan atau dipisahkan, sehingga whipped cream juga disebut sebagai ‘kepala susu’.Kegagalan dalam pengolahan whipped cream biasanya ada pada suhu, pengocokan, dan perbandingan air (khusus untuk bubuk whipped cream). “Penggunaan air es dalam pengocokkan bubuk whipped cream sangat penting, karena air es tersebut membantu whipped cream mengembang secara maksimal.  ...

  • Apr 16, 2019

    Bahan-bahan yang mempengaruhi tekstur es krim

    Es krim dibuat dengan cara membekukan campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula, dengan atau tanpa penambahan ingridien lain yang diizinkan. Bentuk dan ukuran masing-masing bahan penyusun es krim tersebut sangat menentukan kualitas es krim, terutama tekstur. Tekstur yang diinginkan pada es krim adalah lembut, creaminess (seperti kondisi kaya akan lemak) dan homogen. Sedangkan body yang diinginkan adalah firm dengan substansi padatan yang bersatu dalam bentuk buih/busa. Ketahanan es krim untuk tidak mudah meleleh juga menentukan apresiasi konsumen.   ...

  • Apr 15, 2019

    Costing Menu Honey Blended

    Honey Blended  adalah smoothie yang berbahan dasar raspberry, yoghurt, dan madu. Raspberry merupakan jenis buah yang banyak menyumbangkan manfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi. Dipadukan dengan yogurt maka semakin melengkapi menfaat dari buah ini. ...

  • Apr 15, 2019

    Kenali Perbedaan Alergi Susu dengan Intoleransi Laktosa

    Alergi protein susu dan intoleransi laktosa merupakan dua masalah utama mengapa orang tidak dapat mengonsumsi susu. Perlu diketahui bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda, meskipun dapat memberikan gejala yang sama. Alergi susu, biasanya yang berasal dari sapi, timbul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh yang menganggap bahwa protein susu yang masuk ke dalam tubuh ialah zat yang berbahaya. Oleh karena itu, sistem kekebalan tubuh memberikan respon penolakan dan menghasilkan gejala alergi. Susu sapi mengandung dua jenis protein, yaitu whey dan kasein yang keduanya dapat memicu reaksi alergi.   ...

  • Apr 11, 2019

    Jenis-Jenis Susu dan Kandungan Lemaknya

    Susu sebagai bahan makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sifatnya mudah dicerna dan diserap,sehingga baik untuk dikonsumsi. Susu cair, selain dikonsumsi langsung, juga banyak digunakan sebagai bahan baku dalam industri jasa boga, seperti untuk pembuatan yoghurt, pendamping breakfast cereal, pengganti santan, dan lainnya. Di pasaran terdapat berbagai jenis susu cair. Oleh sebab itu, industri perlu membaca label untuk memilih produk susu yang sesuai dengan kebutuhan. ...