Laju Pembekuan



Perubahan mutu makanan beku dapat diatur dengan mengontrol laju pembekuannya. Proses pembekuan dapat dibagi menjadi laju pembekuan cepat dan laju pembekuan lambat. Pada laju pembekuan cepat, proses pembekuan berlangsung secara cepat. Akibatnya, kristal es yang terbentuk kecil-kecil dengan tingkat kerusakan sel minimal, sehingga kerusakan tekstur akibat kristal es akan minimal. Selain itu, pertumbuhan mikroba dan kegiatan enzim (pada bahan pangan segar) akan terhenti dengan cepat. 

Hal sebaliknya terjadi pada laju pembekuan yang berlangsung secara lambat. Kondisi ini menyebabkan mutu produk beku yang dibuat dengan proses pembekuan cepat akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan proses pembekuan lambat. 

Saat ini tersedia freezer yang didesain untuk melakukan proses pembekuan cepat. Namun, apabila freezer jenis ini tidak tersedia ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar produk pangan dapat dibekukan secara cepat, yaitu dengan cara berikut:

  1. Pelajari manual freezer, seperti berapa jumlah maksimum produk yang disarankan untuk dibekukan pada satu waktu.
  2. Atur suhu freezer ke titik atau pada suhu terdingin beberapa jam sebelum menyimpan produk pangan ke dalamnya.
  3. Lakukan pengecekan suhu freezer di beberapa titik dan tempatkan produk yang tidak atau belum beku pada lokasi dengan titik terdingin.
  4. Hindari pengisian produk pangan yang akan dibekukan secara berlebihan ke dalam freezer karena berpotensi menyebabkan proses pembekuan lambat dan menghasilkan produk dengan mutu yang rendah. 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...