Mengenal Refrigerator dan Freezer untuk Industri Jasa Boga



Pengaturan dan pengendalian suhu selama bahan pangan disimpan merupakan hal penting, salah satunya adalah pengendalian selama proses pendinginan dan pembekuan. Alat pendingin (refrigerator) dan alat pembeku (freezer) sangat membantu dalam proses pendinginan dan pembekuan. Industri jasa boga tidak bisa dilepaskan dari penggunaan kedua alat tersebut.

Ketersediaan refrigerator dan freezer cukup banyak di pasaran, sehingga harus bisa memilih alat yang sesuai kebutuhan. Sebelum membeli refrigerator atau freezer yang tepat, sebaiknya konsumen mengetahui jenis-jenis yang ada di pasaran, sehingga tidak salah dalam memilih. Berdasarkan fungsi dan bentuknya, yang umum ditemui di pasaran dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu kulkas jenis fridge, freezer dan showcase.

Fridge atau sering disebut kulkas adalah jenis lemari pendingin biasa yang  memiliki ukuran dan kapasitas beragam. Terdapat dua jenis kulkas, yaitu kulkas satu dan dua pintu. Kulkas dua pintu memiliki kelebihan dapat menyimpan makanan dan minuman dengan kapasitas lebih banyak dibandingkan kulkas satu pintu.

Kulkas memiliki suhu maksimal pendinginan umumnya mencapai 0℃. Biasanya hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman agar tetap dingin dan segar, tetapi tidak dapat menyimpan bahan mentah, seperti daging dalam waktu setara dengan freezer. Beberapa jenis kulkas menyediakan freezer yang menyatu dengan bagian dalam kulkas dan dinamakan fridge freezer.

Freezer pada  umumnya terdiri dari dua jenis, yakni deep freezer dan chest freezer. Perbedaan keduanya terletak pada posisi pintunya. Deep freezer memiliki pintu di bagian depan, yang terdiri dari beberapa slot atau bagian.  Sedangkan chest freezer memiliki pintu di bagian atas dan pada umumnya berbentuk melebar, tetapi berukuran tidak tinggi, seperti kulkas. Chest freezer biasa digunakan untuk menyimpan es krim di toko, memiliki beberapa slot yang dapat berguna untuk membekukan makanan atau minuman. Suhu pendinginannya dapat mencapai (-28)℃.

Showcase memiliki penampilan mirip dengan kulkas, perbedaannya adalah  memiliki pintu yang transparan atau dapat dilihat dari luar. Sesuai dengan namanya, showcase biasa digunakan oleh penjual makanan dan minuman agar barang yang mereka jual dapat terlihat langsung oleh konsumen. Bagian dalamnya berupa rak-rak yang dapat digunakan untuk menyusun makanan atau minuman dalam beberapa baris. Showcase  hanya dapat mencapai suhu maksimal pendinginan 0 sampai 10℃.

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....