Mengenal Refrigerator dan Freezer untuk Industri Jasa Boga



Pengaturan dan pengendalian suhu selama bahan pangan disimpan merupakan hal penting, salah satunya adalah pengendalian selama proses pendinginan dan pembekuan. Alat pendingin (refrigerator) dan alat pembeku (freezer) sangat membantu dalam proses pendinginan dan pembekuan. Industri jasa boga tidak bisa dilepaskan dari penggunaan kedua alat tersebut.

Ketersediaan refrigerator dan freezer cukup banyak di pasaran, sehingga harus bisa memilih alat yang sesuai kebutuhan. Sebelum membeli refrigerator atau freezer yang tepat, sebaiknya konsumen mengetahui jenis-jenis yang ada di pasaran, sehingga tidak salah dalam memilih. Berdasarkan fungsi dan bentuknya, yang umum ditemui di pasaran dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu kulkas jenis fridge, freezer dan showcase.

Fridge atau sering disebut kulkas adalah jenis lemari pendingin biasa yang  memiliki ukuran dan kapasitas beragam. Terdapat dua jenis kulkas, yaitu kulkas satu dan dua pintu. Kulkas dua pintu memiliki kelebihan dapat menyimpan makanan dan minuman dengan kapasitas lebih banyak dibandingkan kulkas satu pintu.

Kulkas memiliki suhu maksimal pendinginan umumnya mencapai 0℃. Biasanya hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman agar tetap dingin dan segar, tetapi tidak dapat menyimpan bahan mentah, seperti daging dalam waktu setara dengan freezer. Beberapa jenis kulkas menyediakan freezer yang menyatu dengan bagian dalam kulkas dan dinamakan fridge freezer.

Freezer pada  umumnya terdiri dari dua jenis, yakni deep freezer dan chest freezer. Perbedaan keduanya terletak pada posisi pintunya. Deep freezer memiliki pintu di bagian depan, yang terdiri dari beberapa slot atau bagian.  Sedangkan chest freezer memiliki pintu di bagian atas dan pada umumnya berbentuk melebar, tetapi berukuran tidak tinggi, seperti kulkas. Chest freezer biasa digunakan untuk menyimpan es krim di toko, memiliki beberapa slot yang dapat berguna untuk membekukan makanan atau minuman. Suhu pendinginannya dapat mencapai (-28)℃.

Showcase memiliki penampilan mirip dengan kulkas, perbedaannya adalah  memiliki pintu yang transparan atau dapat dilihat dari luar. Sesuai dengan namanya, showcase biasa digunakan oleh penjual makanan dan minuman agar barang yang mereka jual dapat terlihat langsung oleh konsumen. Bagian dalamnya berupa rak-rak yang dapat digunakan untuk menyusun makanan atau minuman dalam beberapa baris. Showcase  hanya dapat mencapai suhu maksimal pendinginan 0 sampai 10℃.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...