Beragam Jenis Serealia dan Manfaatnya Bagi Kesehatan



Berikut adalah beberapa jenis serealia dan manfaatnya bagi kesehatan.

  1. Barley. Adalah salah satu jenis serealia tertua di dunia yang dikonsumsi manusia. Kandungan serat pangan pada barley, yaitu sebesar 17,3g/100g diketahui dapat menurunkan kolesterol yang lebih efektif dibandingkan dengan serat oat. Barley mampu mempertahankan kadar gula darah berada pada level normal dan mengandung selenium yang bertindak sebagai antioksidan.
  2. Buckwheat. Adalah bahan baku utama mi soba Jepang, crepes Brittany, dan kasha Rusia. Mengandung antioksidan yang tinggi dan mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol LDL.
  3. Jagung. Adalah jenis serealia yang terkadang dianggap rendah kandungan gizinya. Padahal pengolahan jagung dengan alkali dapat melepaskan niasin dalam jumlah yang cukup banyak untuk mencegah seseorang terkena pellagra.
  4. Oat. Adalah jenis serealia yang umum dikonsumsi untuk sarapan pagi. Oat biasanya dijual dalam bentuk whole grain, sehingga manfaat yang diperoleh berada dalam keadaan optimal.
  5. Quinoa. Dapat diolah menjadi produk bakeri, flakes, ataupun dicampurkan ke dalam sup dan salad. Meskipun berukuran kecil seperti biji wijen, quinoa mengandung asam amino esensial yang lengkap dan baik bagi pertumbuhan.
  6. Beras. Adalah makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sayangnya beras banyak dikonsumsi dalam bentuk sosoh, sehingga banyak zat gizi yang hilang bersamaan dengan proses tersebut. Beras putih merupakan sumber karbohidrat sederhana yang mudah dicerna dan kandungan seratnya paling rendah dibandingkan dengan jenis serealia yang lainnya.
  7. Rye. Adalah jenis serealia yang menjadi bagian dari kuliner khas Eropa Utara dan Rusia. Keunikan rye adalah kandungan serat pada bagian endospermanya yang cukup tinggi dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Konsumsi rye akan cepat menimbulkan rasa kenyang, sehingga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang menurunkan berat badan.
  8. Gandum. Adalah serealia yang umum dikonsumsi. Tepung gandum banyak diolah menjadi berbagai jenis produk bakeri ataupun pasta yang banyak digemari. Berdasarkan kandungan proteinnya, gandum dibedakan menjadi hard wheat dan soft wheat. Bandum juga banyak dikonsumsi dalam bentuk sosoh, sehingga kehilangan kandungan vitamin dan mineral. Namun, produk olahan dari gandum utuh sudah banyak tersedia di pasaran.

Artikel Lainnya

  • Apr 18, 2019

    Tips Memilih Whipped Cream

    hipped cream merupakan krim yang timbul di bagian atas dari susu pada waktu didiamkan atau dipisahkan, sehingga whipped cream juga disebut sebagai ‘kepala susu’.Kegagalan dalam pengolahan whipped cream biasanya ada pada suhu, pengocokan, dan perbandingan air (khusus untuk bubuk whipped cream). “Penggunaan air es dalam pengocokkan bubuk whipped cream sangat penting, karena air es tersebut membantu whipped cream mengembang secara maksimal.  ...

  • Apr 16, 2019

    Bahan-bahan yang mempengaruhi tekstur es krim

    Es krim dibuat dengan cara membekukan campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula, dengan atau tanpa penambahan ingridien lain yang diizinkan. Bentuk dan ukuran masing-masing bahan penyusun es krim tersebut sangat menentukan kualitas es krim, terutama tekstur. Tekstur yang diinginkan pada es krim adalah lembut, creaminess (seperti kondisi kaya akan lemak) dan homogen. Sedangkan body yang diinginkan adalah firm dengan substansi padatan yang bersatu dalam bentuk buih/busa. Ketahanan es krim untuk tidak mudah meleleh juga menentukan apresiasi konsumen.   ...

  • Apr 15, 2019

    Costing Menu Honey Blended

    Honey Blended  adalah smoothie yang berbahan dasar raspberry, yoghurt, dan madu. Raspberry merupakan jenis buah yang banyak menyumbangkan manfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi. Dipadukan dengan yogurt maka semakin melengkapi menfaat dari buah ini. ...

  • Apr 15, 2019

    Kenali Perbedaan Alergi Susu dengan Intoleransi Laktosa

    Alergi protein susu dan intoleransi laktosa merupakan dua masalah utama mengapa orang tidak dapat mengonsumsi susu. Perlu diketahui bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda, meskipun dapat memberikan gejala yang sama. Alergi susu, biasanya yang berasal dari sapi, timbul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh yang menganggap bahwa protein susu yang masuk ke dalam tubuh ialah zat yang berbahaya. Oleh karena itu, sistem kekebalan tubuh memberikan respon penolakan dan menghasilkan gejala alergi. Susu sapi mengandung dua jenis protein, yaitu whey dan kasein yang keduanya dapat memicu reaksi alergi.   ...

  • Apr 11, 2019

    Jenis-Jenis Susu dan Kandungan Lemaknya

    Susu sebagai bahan makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sifatnya mudah dicerna dan diserap,sehingga baik untuk dikonsumsi. Susu cair, selain dikonsumsi langsung, juga banyak digunakan sebagai bahan baku dalam industri jasa boga, seperti untuk pembuatan yoghurt, pendamping breakfast cereal, pengganti santan, dan lainnya. Di pasaran terdapat berbagai jenis susu cair. Oleh sebab itu, industri perlu membaca label untuk memilih produk susu yang sesuai dengan kebutuhan. ...