TEMPE: Sumber Zat Gizi dan Komponen Bioaktif untuk Kesehatan



Tidak seperti pangan tradisional berbahan kedelai lainnya yang berasal dari Cina dan Jepang, tempe merupakan produk asli Indonesia. Makanan ini sudah dikenal sejak dahulu, terutama dalam tatanan budaya makan masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta.
Dalam Serat Centhini yang berlatar Jawa abad ke-16 ditemukan kata “tempe” untuk menyebut nama hidangan, seperti jae santen tempe dan kedhele tempe srundengan.

Sebagai produk tradisional warusan budaya bangsa yang proses pembuatannya tidak dibakukan, maka sangat wajar jika proses pembuatan tempe sangat beragam. Namun, pada dasarnya tahapan pembuatan tempe di daerah mana pun sama, yaitu meliputi pencucian kedelai, perendaman, perebusan, penambahan laru, pengemasan, dan fermentasi.

Sentra produksi tempe utama di Indonesia adalah Yogyakarta, Purwokerto, Pekalongan, Malang, dan Bandung. Oleh karena itu, proses pembuatan tempe dibedakan menjadi lima metode sesuai daerah-daerah tersebut.

Buku “Tempe: Sumber Zat Gizi dan Komponen Bioaktif untuk Kesehatan” mengulas tentang tempe mulai dari sejarah, proses produksi yang higienis, mikroba dalam tempe, nilai gizi dan perubahan sifat fisiko-kimia tempe, senyawa bioaktif dan perubahan senyawa antigizi, manfaat tempe untuk kesehatan, dan diversifikasi tempe segar dan produk olahannya.

Dalam buku ini, tim penulis yang terdiri dari Prof. Made Astawan, Prof. Tutik Wresdiati, dan Lulu Maknun STP mengungkapkan bahwa tempe pantas menjadi kebanggaan Indonesia karena tidak hanya aspek sejarah dan budaya, namun tempe juga mengandung komponen bioaktif yang bermanfaat. KI-29

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...