Beras Analog: Alternatif Beras Putih bagi Penderita Diabetes



Diabetes merupakan suatu penyakit yang erat kaitannya dengan bahan pangan sumber karbohidrat, seperti nasi. Untuk mengurangi konsumsi nasi, penderita diabetes dapat mengganti salah satu sumber karbohidratnya dengan mengonsumsi beras analog.

Beras analog, yaitu produk yang dibuat dari bahan karbohidrat lokal non padi yang dibentuk seperti beras padi. Produk ini mengatasnamakan beras agar menarik minat masyarakat, yang ketergantungannya terhadap beras padi yang masih sangat tinggi. Selain itu, salah satu tujuan diciptakan beras analaog juga untuk mengubah paradigma masyarakat bahwa sumber karbohidrat tidak hanya berasal dari beras padi.

Beras analog mulai dikembangkan pada tahun 2011 hingga saat ini, dengan melakukan berbagai percobaan dan penelitian yang akhirnya berhasil membuat empat formula beras analog yang mengandung indeks glikemik rendah, yakni dibawah 55, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Formula dengan nilai indeks glikemik rendah tersebut berbahan dasar jagung, singkong dan sagu. Sumber karbohidrat dan zat gizi lainnya yang terkandung dalam beras analog sama dengan beras padi. Kandungan seratnya pun setara dengan beras pecah kulit, beras merah, dan beras hitam.

Sama halnya dengan nasi, beras analog dapat dikonsumsi dengan macam-macam masakan dan dapat diaplikasikan menjadi aneka hidangan. Cara pengolahannya pun sama dengan mengolah nasi tetapi airnya dididihkan terlebih dahulu.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...