Mengenal Bihun dan Sohun



Dua pangan jenis mi ini berasal dari dataran Cina dan menyebar sampai ke Indonesia. Nama lain bihun atau mihun, yaitu vermiseli beras (rice vermicelli, rice noodles, rice sticks). Sementara sohun atau soun (suun) dikenal juga dengan sebutan vermiseli pati (glass noodles), dangmyeon (Korea), harusame (Jepang), sotanghon (Filipina), dan woon sen (Thailand).

Berdasarkan tentang kategori pangan kepada BPOM RI No 1 Tahun 2015, definisi bihun adalah produk pangan kering yang diperoleh dari tepung beras dengan atau tanpa bahan lain, memiliki kadar air tidak lebih dari 13%. Sedangkan definisi sohun adalah produk kering yang diperoleh dari tepung ubi kayu, dengan kadar air tidak lebih dari 14,5%.

Bihun dan sohun merupakan pangan sumber karbohidrat selain nasi, roti, singkong, kentang dan lainnya. Secara kasat mata bihun dan sohun mentah sekilas sama berwarna putih dan kering. Namun, apabila sudah direbus atau direndam air dapat terlihat perbedaan pada tekstur, warna, dan rasa. Sohun matang tampak putih bening, tekstur lembut kenyal, sementara bihun matang berwarna putih, tekstur padat dan mudah putus. Perbedaan antara keduanya yaitu dari bahan bakunya, bihun berasal dari tepung beras, sedangkan sohun dari pati ubi kayu/singkong.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...