Mengenal Bihun dan Sohun



Dua pangan jenis mi ini berasal dari dataran Cina dan menyebar sampai ke Indonesia. Nama lain bihun atau mihun, yaitu vermiseli beras (rice vermicelli, rice noodles, rice sticks). Sementara sohun atau soun (suun) dikenal juga dengan sebutan vermiseli pati (glass noodles), dangmyeon (Korea), harusame (Jepang), sotanghon (Filipina), dan woon sen (Thailand).

Berdasarkan tentang kategori pangan kepada BPOM RI No 1 Tahun 2015, definisi bihun adalah produk pangan kering yang diperoleh dari tepung beras dengan atau tanpa bahan lain, memiliki kadar air tidak lebih dari 13%. Sedangkan definisi sohun adalah produk kering yang diperoleh dari tepung ubi kayu, dengan kadar air tidak lebih dari 14,5%.

Bihun dan sohun merupakan pangan sumber karbohidrat selain nasi, roti, singkong, kentang dan lainnya. Secara kasat mata bihun dan sohun mentah sekilas sama berwarna putih dan kering. Namun, apabila sudah direbus atau direndam air dapat terlihat perbedaan pada tekstur, warna, dan rasa. Sohun matang tampak putih bening, tekstur lembut kenyal, sementara bihun matang berwarna putih, tekstur padat dan mudah putus. Perbedaan antara keduanya yaitu dari bahan bakunya, bihun berasal dari tepung beras, sedangkan sohun dari pati ubi kayu/singkong.

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....