Menyusun Menu untuk Penderita Diabetes dan Weight Management



Apabila seseorang sudah divonis sakit tertentu, misal diabetes oleh dokter, maka dengan menjaga konsumsi makanan akan dapat dihindari terjadinya komplikasi penyakit tersebut. Kerusakan organ pankreas yang menyebabkan tidak dapat menghasilkan insulin secara optimal mungkin tidak tersembuhkan, namun penderita diabetes tetap dapat hidup produktif.

Pemahaman tentang indeks glikemik mutlak diperlukan bagi penderita diabetes agar konsumsi makanan tertentu tidak menyebabkan penyakitnya tambah parah. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi harus dikurangi, seperti bubur atau nasi yang mempunyai indeks glikemik lebih tinggi dibandingkan umbi-umbian. Beberapa jenis buah, seperti semangka atau rambutan indeks glikemiknya lebih tinggi dibandingkan apel, pear, atau pisang.

Untuk weight management, intinya adalah bahwa pemangkasan konsumsi makanan setara 500 Kalori per hari dapat mengurangi berat badan 2 kg per bulan. Sekali makan siang seseorang dapat menghabiskan 400-500 Kalori. Oleh sebab itu, mengurangi nasi, makanan berlemak, dan cemilan dapat dengan mudah memangkas 500 Kalori.

Namun, yang lebih penting adalah bahwa weight management perlu disertai olahraga yang sangat efektif membakar lemak. Olahraga seperti jogging, jalan kaki cepat, atau berenang akan dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Jadi, gaya hidup sehat melalui olahraga dikombinasikan dengan diet yang tepat akan membentuk berat badan ideal.

Artikel Lainnya