Menyusun Menu untuk Penderita Diabetes dan Weight Management



Apabila seseorang sudah divonis sakit tertentu, misal diabetes oleh dokter, maka dengan menjaga konsumsi makanan akan dapat dihindari terjadinya komplikasi penyakit tersebut. Kerusakan organ pankreas yang menyebabkan tidak dapat menghasilkan insulin secara optimal mungkin tidak tersembuhkan, namun penderita diabetes tetap dapat hidup produktif.

Pemahaman tentang indeks glikemik mutlak diperlukan bagi penderita diabetes agar konsumsi makanan tertentu tidak menyebabkan penyakitnya tambah parah. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi harus dikurangi, seperti bubur atau nasi yang mempunyai indeks glikemik lebih tinggi dibandingkan umbi-umbian. Beberapa jenis buah, seperti semangka atau rambutan indeks glikemiknya lebih tinggi dibandingkan apel, pear, atau pisang.

Untuk weight management, intinya adalah bahwa pemangkasan konsumsi makanan setara 500 Kalori per hari dapat mengurangi berat badan 2 kg per bulan. Sekali makan siang seseorang dapat menghabiskan 400-500 Kalori. Oleh sebab itu, mengurangi nasi, makanan berlemak, dan cemilan dapat dengan mudah memangkas 500 Kalori.

Namun, yang lebih penting adalah bahwa weight management perlu disertai olahraga yang sangat efektif membakar lemak. Olahraga seperti jogging, jalan kaki cepat, atau berenang akan dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Jadi, gaya hidup sehat melalui olahraga dikombinasikan dengan diet yang tepat akan membentuk berat badan ideal.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...