Oats dan Manfaatnya untuk Kesehatan



Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh CreaNutrition, diperoleh informasi bahwa konsumsi 3 gram beta-glukan (0,75 gram/penyajian) dapat mengurangi level kolesterol tubuh 5%-10%. Dalam keadaan normal hati melepaskan kolesterol ke darah sesuai kebutuhan. Tetapi bila makanan mengandung banyak kolesterol atau lemak hewani jenuh maka kadar kolesterol darah akan meningkat.

Beta-glukan pada oat membantu mengurangi kadar kolesterol darah dengan cara meningkatkan viskositas dalam usus. Viskositas mengurangi penyerapan asam empedu ke dalam saluran pencernaan, karena itu asam empedu kurang diserap ke dalam pembuluh darah dan bahan untuk sintesa kolesterol tidak tersedia, dan akhirnya kolesterol darah berkurang.

Selain itu, juga dapat mengontrol gula darah dan level insulin dengan cara yang sama, yakni meningkatkan viskositas. Viskositas oat menunda penyerapan glukosa ke dalam saluran pencernaan, yang berpengaruh pada pengurangan insulin. Total waktu penyerapan meningkat dan glukosa tersedia dalam waktu yang cukup lama.

Konsumsi oat juga dapat menstimulasi sensasi ‘kenyang terus’ pada usus, dan membantu membatasi nafsu untuk makan. Viskositas yang tinggi pada usus saat mengonsumsi oat dapat menunda penyerapan gizi dan secara signifikan penurunan nilai Indeks Glikemik (IG) tercapai, karena itu rasa lapar tertunda. Beta-glukan pada oat juga dibuktikan mengandung prebiotik yang baik untuk kesehatan saluran cerna.

Oat mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat, protein, vitamin, dan mineral. Karbohidrat kompleks dan kandungan serat yang tinggi membuat rasa kenyang lebih lama jika mengonsumsinya. Karbohidrat akan diserap perlahan ke dalam tubuh, dan ketika dilepaskan menjadi energi juga secara perlahan, sehingga oat yang diolah menjadi oatmeal juga cocok untuk penderita diabetes dan bagi seseorang yang sedang menjalani program penurunan berat badan alias diet. Hanya diperlukan sedikit kreatifitas dalam mengolah oat menjadi hidangan yang sehat, enak, dan tidak membosankan. Campuran oatmeal dengan susu, sayur, atau buah-buahan dapat meningkatkan nilai gizi dari hidangan tersebut.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...