Oatmeal: Makanan Pendukung Kesehatan Jantung



Menurut situs preventingheartdisease.org, karena pola makan yang salah, lingkungan yang tidak sehat, dan kebiasaan hidup yang buruk, penderita penyakit jantung terus bertambah. Angka penderitanya terus meningkat karena semakin banyak orang yang menjauhi pola hidup sehat.

Mengadopsi pola hidup sehat merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegahnya. Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan kualitas hidup. Mengatur asupan makanan merupakan bagian dari pola hidup sehat, karena tidak bisa dipungkiri makanan berkaitan erat dengan kondisi tubuh terutama bagi yang memilki penyakit jantung.

Memperhatikan pola makan, jenis makanan, dan gizi yang terkandung dalam makanan yang masuk ke tubuh akan membantu dalam mengontrol kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung bagi yang berisiko terkena penyakit jantung.

Salah satu jenis makanan yang disarankan untuk mendukung kesehatan jantung adalah oatmeal. Serat larut yang terkandung pada oatmeal bekerja mengikat asam empedu. Asam empedu merupakan hasil olahan kolesterol dalam hati yang berfungsi untuk mencerna lemak. Dalam usus halus, serat larut tersebut akan berubah menjadi gel dan mengikat empedu yang pasti muncul begitu mengonsumsi lemak.

Oatmeal berbahan dasar dari oat yang termasuk dalam jenis serealia. Oat tidak hanya mengandung serat larut, tetapi juga mengandung antioksidan, protein, dan Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA). Jenis serat larut yang terkandung di dalamnya adalah polisakarida yang dikenal dengan nama beta-glukan (ß-glucan) yang dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Hasil penelitian yang tercantum pada Nutrition Journal menyatakan bahwa beta-glukan yang terkandung di dalam oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian turut menurunkan risiko hipertensi pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Penelitian lain, seperti tercantum pada Cochrane Database of Systemic Reviews, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi oat secara rutin ternyata memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah. Manfaat oat untuk kesehatan jantung ini sangatlah penting bagi penderita diabetes karena penderitanya memiliki tingkat risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...