Oatmeal: Makanan Pendukung Kesehatan Jantung



Menurut situs preventingheartdisease.org, karena pola makan yang salah, lingkungan yang tidak sehat, dan kebiasaan hidup yang buruk, penderita penyakit jantung terus bertambah. Angka penderitanya terus meningkat karena semakin banyak orang yang menjauhi pola hidup sehat.

Mengadopsi pola hidup sehat merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegahnya. Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan kualitas hidup. Mengatur asupan makanan merupakan bagian dari pola hidup sehat, karena tidak bisa dipungkiri makanan berkaitan erat dengan kondisi tubuh terutama bagi yang memilki penyakit jantung.

Memperhatikan pola makan, jenis makanan, dan gizi yang terkandung dalam makanan yang masuk ke tubuh akan membantu dalam mengontrol kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung bagi yang berisiko terkena penyakit jantung.

Salah satu jenis makanan yang disarankan untuk mendukung kesehatan jantung adalah oatmeal. Serat larut yang terkandung pada oatmeal bekerja mengikat asam empedu. Asam empedu merupakan hasil olahan kolesterol dalam hati yang berfungsi untuk mencerna lemak. Dalam usus halus, serat larut tersebut akan berubah menjadi gel dan mengikat empedu yang pasti muncul begitu mengonsumsi lemak.

Oatmeal berbahan dasar dari oat yang termasuk dalam jenis serealia. Oat tidak hanya mengandung serat larut, tetapi juga mengandung antioksidan, protein, dan Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA). Jenis serat larut yang terkandung di dalamnya adalah polisakarida yang dikenal dengan nama beta-glukan (ß-glucan) yang dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Hasil penelitian yang tercantum pada Nutrition Journal menyatakan bahwa beta-glukan yang terkandung di dalam oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian turut menurunkan risiko hipertensi pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Penelitian lain, seperti tercantum pada Cochrane Database of Systemic Reviews, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi oat secara rutin ternyata memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah. Manfaat oat untuk kesehatan jantung ini sangatlah penting bagi penderita diabetes karena penderitanya memiliki tingkat risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....