Oatmeal: Makanan Pendukung Kesehatan Jantung



Menurut situs preventingheartdisease.org, karena pola makan yang salah, lingkungan yang tidak sehat, dan kebiasaan hidup yang buruk, penderita penyakit jantung terus bertambah. Angka penderitanya terus meningkat karena semakin banyak orang yang menjauhi pola hidup sehat.

Mengadopsi pola hidup sehat merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegahnya. Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan kualitas hidup. Mengatur asupan makanan merupakan bagian dari pola hidup sehat, karena tidak bisa dipungkiri makanan berkaitan erat dengan kondisi tubuh terutama bagi yang memilki penyakit jantung.

Memperhatikan pola makan, jenis makanan, dan gizi yang terkandung dalam makanan yang masuk ke tubuh akan membantu dalam mengontrol kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung bagi yang berisiko terkena penyakit jantung.

Salah satu jenis makanan yang disarankan untuk mendukung kesehatan jantung adalah oatmeal. Serat larut yang terkandung pada oatmeal bekerja mengikat asam empedu. Asam empedu merupakan hasil olahan kolesterol dalam hati yang berfungsi untuk mencerna lemak. Dalam usus halus, serat larut tersebut akan berubah menjadi gel dan mengikat empedu yang pasti muncul begitu mengonsumsi lemak.

Oatmeal berbahan dasar dari oat yang termasuk dalam jenis serealia. Oat tidak hanya mengandung serat larut, tetapi juga mengandung antioksidan, protein, dan Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA). Jenis serat larut yang terkandung di dalamnya adalah polisakarida yang dikenal dengan nama beta-glukan (ß-glucan) yang dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Hasil penelitian yang tercantum pada Nutrition Journal menyatakan bahwa beta-glukan yang terkandung di dalam oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian turut menurunkan risiko hipertensi pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Penelitian lain, seperti tercantum pada Cochrane Database of Systemic Reviews, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi oat secara rutin ternyata memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah. Manfaat oat untuk kesehatan jantung ini sangatlah penting bagi penderita diabetes karena penderitanya memiliki tingkat risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...