Manfaat Rice Bran untuk Kesehatan



Berbagai penelitian telah dilakukan berkaitan dengan manfaat rice bran, salah satunya adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol. Mekanismenya, yakni melalui peningkatan kapasitas pengikatan Low Densisty Lipoprotein (LDL) reseptor dan peningkatan aktivitas enzim yang bertanggung jawab mengonversi kolesterol menjadi asam empedu. Dengan demikian, penyakit jantung akibat penumpukan kolesterol dapat dihindari.

Rice bran juga merupakan sumber serat yang keberadaannya memberikan keuntungan sekaligus tantangan. Salah satau keuntungannya adalah baik untuk pencernaan, sedangkan tantangannya adalah dalam formulasinya.

Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah oksidasi kolesterol dan juga menangkap radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Radikal bebas yang tidak terkendali dapat mengakibatkan kanker dan juga penuaan dini.

Penelitian yang dilakukan oleh Ardiansyah dan telah diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry (2006) juga membuktikan potensi lain dari rice bran, yaitu fraksi lemak sama baiknya dengan fraksi non lemak dalam menurunkan tekanan darah tikus.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...