Manfaat Rice Bran untuk Kesehatan



Berbagai penelitian telah dilakukan berkaitan dengan manfaat rice bran, salah satunya adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol. Mekanismenya, yakni melalui peningkatan kapasitas pengikatan Low Densisty Lipoprotein (LDL) reseptor dan peningkatan aktivitas enzim yang bertanggung jawab mengonversi kolesterol menjadi asam empedu. Dengan demikian, penyakit jantung akibat penumpukan kolesterol dapat dihindari.

Rice bran juga merupakan sumber serat yang keberadaannya memberikan keuntungan sekaligus tantangan. Salah satau keuntungannya adalah baik untuk pencernaan, sedangkan tantangannya adalah dalam formulasinya.

Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah oksidasi kolesterol dan juga menangkap radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Radikal bebas yang tidak terkendali dapat mengakibatkan kanker dan juga penuaan dini.

Penelitian yang dilakukan oleh Ardiansyah dan telah diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry (2006) juga membuktikan potensi lain dari rice bran, yaitu fraksi lemak sama baiknya dengan fraksi non lemak dalam menurunkan tekanan darah tikus.

Artikel Lainnya