Kandungan Gizi Rice Bran dan Aplikasinya pada Produk Pangan



Rice bran atau biasa dikenal dengan bekatul memiliki manfaat bagi kesehatan. Di dunia internasional beberapa industri telah mengomersialisasikan, baik dengan diambil minyaknya atau distabilkan sebagai ingridien/suplemen pangan.

Rice bran memiliki bagian-bagian yang terdiri dari lapisan aleuron, endosperm, dan germ. Penelitian yang dilakukan oleh The LSU AgCenter Faculty mencoba untuk mengidentifikasi, mengekstraksi, memurnikan, mengevaluasi komponen-komponen yang terdapat pada bagian tersebut.

Hasilnya ditemukan bahwa di dalamnya terkandung tokoferol dan tokotrienol dalam jumlah tinggi. Keduanya merupakan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Selain itu, terdapat pula tiga fraksi orizanol yang berperan sebagai antioksidan, yakni cycloartenyl ferulate, 24-methylene cycloartanyl ferulate, dan campesteryl ferulate.

Selain untuk meningkatkan gizi, penambahan rice bran juga dapat memperbaiki tekstur. Beberapa contoh produknya, antara lain roti, pastry, pasta, dan tortilla. Tidak hanya itu, rice bran juga bisa dimanfaatkan minyaknya atau dikenal dengan rice bran oils. Komposisinya tersusun dari saturated, monounsaturated, dan Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA) yang seimbang.

Rice bran oil juga memiliki karakter unik, yakni memiliki titik asap tinggi, sehingga baik untuk menggoreng; delicate dan memiliki nut-like flavor; serta memiliki light viscosity, sehingga cocok untuk salad dan dipping oils.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...