Kandungan Gizi Rice Bran dan Aplikasinya pada Produk Pangan



Rice bran atau biasa dikenal dengan bekatul memiliki manfaat bagi kesehatan. Di dunia internasional beberapa industri telah mengomersialisasikan, baik dengan diambil minyaknya atau distabilkan sebagai ingridien/suplemen pangan.

Rice bran memiliki bagian-bagian yang terdiri dari lapisan aleuron, endosperm, dan germ. Penelitian yang dilakukan oleh The LSU AgCenter Faculty mencoba untuk mengidentifikasi, mengekstraksi, memurnikan, mengevaluasi komponen-komponen yang terdapat pada bagian tersebut.

Hasilnya ditemukan bahwa di dalamnya terkandung tokoferol dan tokotrienol dalam jumlah tinggi. Keduanya merupakan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Selain itu, terdapat pula tiga fraksi orizanol yang berperan sebagai antioksidan, yakni cycloartenyl ferulate, 24-methylene cycloartanyl ferulate, dan campesteryl ferulate.

Selain untuk meningkatkan gizi, penambahan rice bran juga dapat memperbaiki tekstur. Beberapa contoh produknya, antara lain roti, pastry, pasta, dan tortilla. Tidak hanya itu, rice bran juga bisa dimanfaatkan minyaknya atau dikenal dengan rice bran oils. Komposisinya tersusun dari saturated, monounsaturated, dan Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA) yang seimbang.

Rice bran oil juga memiliki karakter unik, yakni memiliki titik asap tinggi, sehingga baik untuk menggoreng; delicate dan memiliki nut-like flavor; serta memiliki light viscosity, sehingga cocok untuk salad dan dipping oils.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...